Tempat Isolasi Terpusat di Nusa Penida Ditolak Warga, OTG Terpaksa Isoman

Sui Suadnyana - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 14:50 WIB
Pemprov DKI Jakarta mulai mengaktifkan Rusun Nagrak Cilincing, Jakarta Utara, sebagai lokasi isolasi pasien COVID-19 tak bergejala. Begini suasana terkini di rusun tersebut.
Ilustrasi tempat isolasi pasien Covid-19 (Foto: Pradita Utama)

Karena belum adanya tempat isolasi terpusat di Pulau Nusa Penida, masyarakat yang terpapar COVID-19 tanpa gejala terpaksa masih harus menjalani isoman. Sementara mereka yang bergejala dirujuk ke Rumah Sakit Pratama di Nusa Penida.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali melarang pasien positif COVID-19 melakukan isolasi mandiri (isoman). Pasien tanpa gejala dan gejala ringan diminta melakukan isolasi terpusat.

"Kebijakan ini merupakan hasil rapat Forkopimda Provinsi Bali pada Sabtu, 10 Juli 2021. Dalam rapat tersebut disepakati untuk tidak mengizinkan isolasi mandiri di rumah karena berisiko tinggi," kata Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra dalam keterangan, Jumat, (16/7).

Surat tertanggal 14 Juli 2021 tersebut ditujukan kepada Satgas Penanganan COVID-19 di kabupaten/kota se-Bali. Isolasi terpusat itu dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas/gedung yang ada, mulai isolasi terpusat di tingkat desa/kelurahan atau desa adat. Isolasi tingkat ini dikelola bersama oleh satgas gotong royong di desa adat dan Satgas desa/kelurahan.

Kemudian ada juga isolasi terpusat tingkat kecamatan yang dikelola oleh satgas kecamatan dan isolasi terpusat tingkat kabupaten/kota yang dikelola oleh satgas kabupaten/kota. Pemkab/pemkot juga harus menyediakan isolasi bagi ASN/Non ASN pemerintah kabupaten/kota.

"Isolasi terpusat tingkat provinsi telah disiapkan di Ibis Hotel Kuta, dan isolasi khusus ASN/Non ASN Pemerintah Provinsi Bali, TNI serta Polri telah disiapkan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Bali," kata Dewa Indra.


(fas/fas)