Partai Sebesar Golkar Kenalkan Ketum Lewat Baliho, Survei Membuktikan...

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 09:50 WIB
baliho airlangga hartarto
Baliho Ketum Golkar Airlangga Hartarto. (Faiq Azmi/detikcom)
Jakarta -

Golkar sedang berupaya mengenalkan ketumnya, Airlangga Hartarto, lewat baliho yang dipasang di mana-mana. Di survei, popularitas Airlangga memang tak tinggi, bahkan lebih rendah dibandingkan Ketua DPR Puan Maharani, yang balihonya juga bertebaran.

Pemasangan baliho Airlangga capres 2024 tertuang dalam Surat Perintah Partai Golkar Nomor Sprin-23/DPP/GOLKAR/VII/2021 seperti dikutip pada Senin (5/7) lalu. Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily membenarkan surat perintah tersebut.

Namun keterangan berbeda disampaikan Ketua Golkar Jatim Sarmuji. Dia mengatakan baliho-baliho yang dipasang di wilayahnya untuk mengenalkan Airlangga sebagai Ketum Golkar. Dia juga menepis pemasangan baliho karena instruksi.

"Karena Ketua Umum harus dikenalkan juga ke masyarakat," ujar Sarmuji kepada wartawan, Selasa (3/8/2021).

Terlepas dari perbedaan keterangan, Golkar memang tampaknya perlu mengenalkan sosok ketumnya ke masyarakat. Berdasarkan survei terbaru dari Indostrategic, popularitas Airlangga terbilang pas-pasan.

Popularitas Airlangga yang terekam dalam survei itu hanya 31,5%. Sedangkan tingkat kesukaannya hanya 20,4%. Padahal Airlangga punya posisi strategis di pemerintahan, Menko Perekonomian serta Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Popularitas Airlangga jauh di bawah Prabowo, Sandiaga Uno, Anies Baswedan, AHY, Ridwan Kamil, Puan Maharani, bahkan Menkeu Sri Mulyani. Namun Airlangga lebih baik dibanding Ketum PAN Zulkifli Hasan, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, KaBIN Budi Gunawan, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa.

Survei indostrategic tersebut dilakukan pada 23 Maret-1 Juni 2021 dengan total responden 2.400 yang tersebar di 34 provinsi. Survei dilakukan dengan metode multistage random secara tatap muka dengan mengedepankan protokol kesehatan. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error sebesar 2%.

(tor/van)