Survei Pasangan Capres 2024: Anies-AHY Tertinggi, Disusul Prabowo-Puan

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 15:10 WIB
Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut pertemuan dengan Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai nostalgia.
Momen Nostalgia AHY dan Anies Baswedan di Balai Kota (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Lembaga Indostrategic merilis survei terkait elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2024. Hasilnya Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono berada pada posisi teratas disusul Prabowo Subianto-Puan Maharani.

Survei ini dilakukan pada 23 Maret-1 Juni 2021 dengan total responden 2.400 yang tersebar di 34 provinsi. Survei dilakukan dengan metode multi-stage random.

Survei ini dilakukan secara tatap muka dengan mengedepankan protokol kesehatan. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error sebesar 2 persen.

"Pertama mendapatkan porsi tertinggi itu adalah Anies-AHY, yaitu angka 20,25 persen, selanjutnya Prabowo-Puan di urutan kedua dengan angka 14,65 %, kemudian Ganjar-RK ada di angka 8,05 persen," kata Direktur Eksekutif Indostrategic Khoirul Umam dalam konferensi pers virtual, Selasa (3/8/2021).

Umam mengatakan Anies-AHY menduduki posisi teratas karena kuatnya aspirasi masyarakat yang menginginkan pemimpin baru. Namun Umam menilai Anies-AHY akan sulit terwujud karena Anies tidak memiliki kekuatan partai politik.

"Dari hasil ini yang coba kita bisa tafsirkan bahwa nama Anies-AHY yang berada dalam posisi satu misalnya mengindikasikan bahwa kuatnya aspirasi dari masyarakat untuk mendapatkan calon pemimpin baru. Meskipun pada saat yang sama, pasangan ini tentu membutuhkan kerja keras untuk mewujudkannya, karena Anies nggak punya basis dukungan parpol yang real. Dia harus meyakinkan berbagai parpol mitra untuk membentuk gerbong koalisi," ujar Umam.

Sedangkan di posisi kedua Prabowo-Puan, memang memiliki kekuatan partai politik yang besar. Pasangan ini, menurut Umam, berpotensi akan terwujud karena dukungan parpol yang kuat.

"Meskipun Pak Prabowo-Puan berada di urutan kedua, kalau kita lihat dari kekuatan parpol Prabowo-Puan memiliki basis kekuatan yang real, dan lebih kuat. Oleh karena itu, ini menjadi dilema kalau kekuatan parpol menentukan maka angka ini berpotensi ter-boosting lebih tinggi," ujarnya.

"Tapi kalau nggak mampu mengkonsolidasikan dan tidak mampu meyakinkan partai politik mitra tentu juga tidak mudah untuk mewujudkannya," lanjut Umam.

Simak hasil lengkap elektabilitas pasangan capres-cawapres 2024 versi Indostrategic:

Anies Baswedan-AHY 20,25%
Prabowo Subianto-Puan Maharani 14,65%
Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil 8,05%
Prabowo- Ridwan Kamil 5,13%
AHY-Sandiaga Uno 5,05%
Ganjar Pranowo-AHY 4,05%
Prabowo-Sandiaga 2,45%
Puan-Ridwan Kamil 2,35%
AHY-Muhaimin Iskandar 2,15%
Ganjar-Airlangga 1,80%
Anies-Sandiaga 1,65%
Lainnya 8,92%
Tidak Tahu 16,15%

Simak video 'Survei Indostrategic: Prabowo Teratas, Disusul Anies':

[Gambas:Video 20detik]






(eva/tor)