Keluarga Ungkap Kondisi 2 Eks Menkes Farid-Nila Moeloek yang Positif COVID

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 15:00 WIB
perpisahan menkes nila f moeloek
Eks Menkes Nila Moeloek dan Menkes Farid Moeloek (Firdaus/detikHealth)
Jakarta -

Menteri Kesehatan era Presiden BJ Habibie, Farid Anfasa Moeloek, dan Menteri Kesehatan periode 2014-2019, Nila Moeloek, positif Corona (COVID-19). Pasangan suami-istri itu kini sedang dirawat di RSCM. Bagaimana kondisinya sekarang?

"Dirawat di RSCM sejak kemarin. Dibantu sama teman-teman sejawatnya," kata putri bungsu mereka, Nisa, saat dihubungi detikcom, Selasa (3/8/2021).

Dia menjelaskan kondisi terakhir keduanya. Ibunya, Nila Moeloek masih mengalami batuk. Sedangkan Farid, sang ayah, tidak mengalami gejala.

"Ibu update terakhir panas sudah turun, batuknya masih. Bapak sebetulnya nggak ada gejala. Cuma dari dokter yang merawat minta masuk RS biar mudah pemantauannya bisa lebih intensif kalau ada apa-apa. Karena kebetulan yang kena satu rumah. Saya sekeluarga juga kena serta para asisten rumah tangga (ART)," ujar Nisa.

Dia pun menjelaskan kronologi hingga keduanya tertular virus Corona. Hal ini bermula dari sang ART yang terinfeksi Corona.

"Iya kayaknya minggu lalu ada ART yang kena tapi belum gejala. Terus anak saya yang balita sempet panas, nah susah tuh isolasi balita. Dan ibu sayang banget sama cucunya yang paling kecil ini. Mainannya banget," tuturnya.

Sebelumnya, kabar ini disampaikan oleh Ketua Dewan Pertimbangan PB IDI Prof Dr dr Zubairi Djoerban melalui akun Twitternya. Dua Menkes di era berbeda itu dirawat di salah satu RS di Jakarta.

"Mari luangkan waktu sejenak untuk mendoakan Prof Nila Moeloek dan Prof Farid Anfasa Moeloek. Dua mantan menteri kesehatan ini sedang dalam perawatan khusus di salah satu rumah sakit Jakarta," ujar Prof Zubairi melalui akun Twitternya, Selasa (3/8/2021).

Dia mengajak semua pihak mendoakan kesembuhan keduanya. "Semoga Allah memberkahi mereka kesembuhan dalam perjuangannya melawan COVID-19. Amin," tuturnya.

Simak juga 'PPKM Diperpanjang, Wagub Jabar: Membawa Dampak Positif':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/fjp)