PD Protes Cat Merah Pesawat Kepresidenan, PPP: Emangnya Harus Biru?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 14:52 WIB
Wasekjen PPP Achmad Baidowi
Achmad Baidowi (Foto: detikcom)
Jakarta -

Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief memprotes cat biru diganti merah di pesawat kepresidenan. PPP heran atas sikap Demokrat.

"Emangnya ada ketentuan harus warna biru? Kalau alasannya keamanan sama dengan langit, toh banyak pesawat yang tidak berwarna biru. Ada yang warna merah, oranye, kuning, hijau, dan juga hitam, toh aman-aman saja dalam penerbangan," kata Sekretaris Fraksi PPP DPR, Achmad Baidowi, Selasa (3/8/2021).

Awiek mengungkit pandangan yang menganggap warna biru di pesawat kepresidenan berbau politis. Menurutnya, protes Andi Arief secara tidak langsung menyiratkan ada unsur politis itu.

"Kalau ada yang bilang warna biru karena identik dengan latar belakang kekuatan politik tertentu ya wajar saja, sama halnya sekarang warna merah dianggap identik dengan warna kekuatan politik tertentu. Namanya saja anggapan publik," kata Awiek.

"Kalau kemudian ada yang protes dari pihak identik dengan warna biru, maka anggapan publik itu dapat pembenaran. Tinggal sekarang Istana jelaskan saja kepada publik bahwa misalnya merah-putih itu simbolisasi Indonesia, yakni bendera Merah Putih," ujarnya.

Andi Arief sebelumnya melayangkan protes usai pesawat kepresidenan dicat ulang. Andi Arief menyebutkan alasan pesawat kepresidenan dicat biru. Andi Arief lantas mengungkit judul lagu yang dipopulerkan Ariel 'NOAH'.

"Sekarang pesawat kepresidenan berwarna merah. Entah maksudnya apa, bisa warna bendera, bisa juga Corona. Dulu biru. Desain dan warna karya seorang mayor desainer di TNI AU," kata dia.

"Dominasi biru langit adalah upaya peningkatan keamanan penerbangan, sebagai warna kamuflase saat terbang," ujar Andi Arief.

Simak video 'Pesawat Kepresidenan Dicat Ulang, Alvin Lie Ungkap Kisaran Biayanya':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)