Surat At Tin: Tempat Turun hingga Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahan

Kristina - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 14:36 WIB
Ilustrasi membaca al quran
Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta -

Surat At Tin merupakan surat ke-95 dalam mushaf Al Quran. Pada permulaan surat ini Allah SWT bersumpah demi buah Tin, buah Zaitun, dan Bukit Sinai.

Nama At-Tin diambil dari ayat pertama surat ini. At Tin artinya buah Tin. Namun, menurut Ibnu Katsir dalam tafsirnya, ada perbedaan pendapat di kalangan ulama tafsir mengenai arti At Tin. Ada pendapat yang mengatakan kata Tin dalam surat ini merupakan sebuah masjid di Kota Dimasyq.

Pendapat lainnya menafsirkan kata At Tin sebagai buah Tin. Selain itu, ada pendapat lain yang mengartikannya sebagai sebuah gunung yang penuh dengan buah Tin.

Al Qurtubi mengatakan bahwa Tin adalah nama masjid As-habul Kahfi. Telah diriwayatkan dari Ibnu Abbas oleh Al-Aufi, bahwa Tin adalah masjid Nabi Nuh yang ada di puncak Bukit Al-Judi. Sementara, Mujahid mengatakan bahwa makna yang dimaksud adalah pohon Tin.

Surat At Tin diturunkan di Kota Mekkah sehingga tergolong surat Makkiyah. Surat ini diturunkan setelah surat Al Buruj. Ibnu Jarir meriwayatkan dari Al-Ufi dari Ibnu Abbas yang berkata: "Ayat ini turun berkenaan dengan beberapa orang di zaman Rasulullah yang dipanjangkan umurnya hingga pikun. Orang-orang lalu bertanya tentang (perkataan dan perbuatan) mereka ketika pikiran mereka tidak lagi berfungsi. Allah lalu menerangkan bahwa mereka mendapatkan pemaafan. Artinya, mereka hanya diganjar dari apa yang mereka kerjakan ketika pikiran mereka masih sehat lagi baik."

Klik halaman selanjutnya untuk membaca surat At Tin