Lansia Positif COVID-19 di Bali Meninggal Usai Dipulangkan Keluarga dari RS

Sui Suadnyanya - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 14:10 WIB
Lansia positif COVID-19 di Bali meninggal di rumah usai dipulangkan dari rumah sakit. (dok. Istimewa)
Lansia positif COVID-19 di Bali meninggal di rumah usai dipulangkan dari rumah sakit. (dok. Istimewa)
Badung -

Seorang warga lanjut usia di Bali berinisial IMB (97) ditemukan meninggal dunia di kamar rumahnya di Kelurahan Benoa, Kabupaten Badung. Lansia yang positif COVID-19 tersebut meninggal setelah beberapa hari dipulangkan dari rumah sakit oleh keluarganya.

"Almarhum sebelumnya merupakan pasien positif COVID-19 di RS Surya Husada dengan hasil tes swab nasofaring positif dan diambil oleh pihak keluarga setelah dirawat selama tiga hari di rumah sakit untuk rawat di rumah. (Almarhum dibawa pulang) karena pasien tidak betah berada di rumah sakit," kata Kapolsek Kuta Selatan AKP Yusak Agustinus Saoi dalam keterangan tertulis, Selasa (3/8/2021).

Yusak menuturkan, berdasarkan keterangan saksi I Putu Purwaningsih, almarhum dibawa ke rumah sakit pada Selasa (27/7) sekitar pukul 10.00 Wita. Setelah dilakukan swab, almarhum dinyatakan positif COVID-19.

Setelah dinyatakan positif COVID-19, almarhum sempat menjalani perawatan selama 3 hari di Rumah Sakit Surya Husada Nusa Dua sampai Jumat (30/7). Namun pada malam harinya sekitar pukul 23.00 Wita, almarhum minta pulang karena tidak betah berada di rumah sakit.

"Dari pihak keluarga akhirnya memohon ke pihak rumah sakit untuk dirawat di rumah, setelah dilakukan perawatan di rumah almarhum dijaga oleh hanya pihak keluarga dan setelah tiga hari terhitung dari almarhum dibawa ke rumah dan almarhum meninggal sekira pukul 13.00 Wita," terang Yusak.

Yusak mengatakan pihaknya menemukan beberapa barang di lokasi, seperti obat-obatan, tisu, dan Pampers. Namun Yusak tak merinci obat-obatan apa saja yang ditemukan.

Pada pukul 16.20 Wita, jenazah akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wangaya Denpasar menggunakan ambulans.

(nvl/nvl)