detikcom Do Your Magic

Jembatan Kota Paris Kini Menjelma Jadi Taman Jembatan Persatuan

Nur Aziza - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 10:47 WIB
Jakarta -

Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat yang menjadi akses tawuran disulap menjadi jembatan taman yang disertai ruang terbuka hijau di sisinya. Jembatan ini menyambungkan Jl Kampung Rawa Sawah dan Jl Pulo Gundul.

Pantauan di lokasi pukul 09.30 WIB, Selasa (3/8/2021), taman tampak sepi dan tak ada aktivitas proyek di lokasi. Sisi jembatan di Jl Pulo Gundul tampak disertai ruang terbuka hijaunya (RTH) sedangkan sisi lainnya tidak terdapat RTH. Namun, sepanjang jembatannya dilebati tanaman-tanaman hijau dari ujung ke ujung jembatan.

Sisi jembatan yang terdapat RTH nya ini tampak disertai lima tempat duduk terbuat dari beton. Adapun tanaman-tanaman hijau di tata rapi zig zag di area tamannya dan area masuk ke taman pun dipasangi pagar berwarna hijau.

Selain tanaman-tanaman mengisi Jembatan Kota Paris, di sisi kanan kiri sepanjang jembatan dipasangi besi penghalang yang ukuran tingginya berbeda-beda. Di depan jembatan baik sisi Jl Pulo Gundul dan Jl Kampung Rawa Sawah terpasang pagar-pagar dan kawat mengelilingi pagarnya. Tengah pagarnya terdapat tulisan "Jembatan Persatuan Kel Tanah Tinggi" di sisi Jl Pulo Gundul dan "Jembatan Persatuan Kel Kampung Rawa" di sisi Jl Kampung Rawa Sawah.

Depan taman Jembatan Kota Paris di Jl Pulo Gundul tampak dijadikan tempat parkir oleh warga sekitar. Terdapat kendaraan roda dua parkir di depan taman. Area RTH ini pun dulunya area lapak pedagang dan tempat parkir.

Salah satu warga Kampung Rawa yang ditemui di lokasi, Hasmadi (62) membenarkan jembatan ini menjadi akses tawuran dulunya. Semenjak Jembatan Kota Paris di sulap seperti taman, Hasmadi mengaku dirinya perlu mutar jauh melewati jembatan lainnya untuk ke Jl Pulo Gundul.

Meskipun perlu mutar jauh karena jembatan disulap jadi taman, Hasmadi senang dengan Jembatan Kota Paris yang kini terdapat tamannya. Anaknya pun juga turut senang, kata Hasmadi, dan sering mengajaknya ke taman ini.

Jembatan Kota Paris di Johar Baru Jakarta Pusat, telah berubah menjadi taman dan ruang terbuka hijau (RTH). Nama jembatan pun diubah menjadi jembatan persatuan.Jembatan Kota Paris di Johar Baru Jakarta Pusat, telah berubah menjadi taman dan ruang terbuka hijau (RTH). Nama jembatan pun diubah menjadi jembatan persatuan. Foto: Nur Aziza/detikcom

"Iya tadinya enggak pernah ngajak main ke sini. Pas jadi taman ngajak main ke sini," kata Hasmadi kepada detikcom, Selasa (3/8/2021).

Sebelumnya, Jembatan Kota Paris ini tinggal serah terima dari Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat kepada Kelurahan Tanah Tinggi.

"Sudah (selesai). Tinggal dilengkapi BAST, Berita Acara Serah Terima, dari Sudin Pertamanan dan Hutan Kota JP, ke unsur kelurahan," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila Ananda, saat dihubungi, Senin (2/8/2021).


Disebut, proyek itu selesai pada akhir Juli 2021. "Sekitar dua minggu lalu selesai," katanya.

Pekerjaan proyek taman di Jembatan Kota Paris dimulai pada awal Mei 2021. Jembatan Kota Paris, yang menghubungkan Kelurahan Kampung Rawa dengan Kampung Kota Paris (Tanah Tinggi), menjadi akses tawuran. Karena itu, taman yang membuat akses tertutup bisa menghalangi orang yang akan tawuran.

(aik/aik)