RI Raih Emas Pertama, Syarief Hasan: Kado Terindah Jelang HUT ke-76

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 19:27 WIB
Gold medalists Greysia Polii, left, and Apriyani Rahayu from Indonesia listen to the national anthem during the medals ceremony of the womens doubles gold medal match at the 2020 Summer Olympics, Monday, Aug. 2, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Markus Schreiber)
Foto: (AP/Markus Schreiber)
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengaku bangga atas capaian prestasi Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang berhasil merebut medali emas bulutangkis di Olimpiade Tokyo 2020. Kemenangan ini menjadi sejarah baru sebagai pasangan ganda putri Indonesia pertama yang meraih medali emas di Olimpiade.

"Saya cukup tegang menonton pertandingan final ganda putri bulutangkis Indonesia. Ketika mereka berhasil di poin terakhir, saya sangat bangga dan terharu, sungguh kerja keras dan usaha yang diberikan oleh putri terbaik bangsa membuahkan prestasi yang membanggakan," ujar Syarief dalam keterangannya, Senin (2/8/2021).

"Bukan hanya medali emas yang mereka dapatkan, namun mereka mencetak sejarah, sebagai pasangan ganda putri Indonesia pertama yang berhasil meraih medali emas di Olimpiade," imbuhnya.

Politisi senior Partai Demokrat ini juga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Greysia dan Apriyani. Menurutnya, kemenangan ini menjadi kado terindah bagi bangsa Indonesia yang sebentar lagi merayakan Hari Kemerdekaan ke-76.

"Kepada Gresia dan Apriyani, atas nama rakyat Indonesia, saya mengucapkan terima kasih karena kalian telah memberikan kado terindah kepada Indonesia yang mana sebentar lagi kita merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-76. Kalian adalah pahlawan bangsa, kalian lah yang mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya di Tokyo, untuk itu saya berterima kasih," tuturnya.

Diungkapkan Syarief, pemerintah akan menepati janji untuk memberikan bonus kepada atlet yang berhasil menorehkan prestasi. Ia menilai hal tersebut sebagai wujud penghargaan negara terhadap para pahlawan bangsa.

"Iya nanti akan diberikan penghargaan bagi mereka yang berhasil mengharumkan bangsa, sesuai janji Pemerintah dan harus ditepati," ungkapnya.

Lebih lanjut, Syarief menjelaskan sejarah yang dicetak putri terbaik bangsa menjadi awal bagi regenerasi atlet-atlet perempuan lainnya untuk dapat berprestasi, khususnya di cabang olahraga bulutangkis yang sudah menjadi tumpuan prestasi di Indonesia.

"Saya juga berharap, sejarah yang baru saja ditorehkan oleh atlet perempuan Indonesia bisa memberikan nafas baru bagi regenerasi atlet perempuan lainnya khususnya di cabang olahraga bulutangkis, kita tentu ingat dahulu kita punya Susi Susanti yang berhasil memenangkan medali emas di Olimpiade Barcelona, sekarang kita punya Greysia dan Apriyani yang meraih Medali Emas di Olimpiade Tokyo, Besok kita akan punya atlet lainnya yang menyumbangkan medali emas untuk Indonesia. Tradisi seperti ini harus terus kita jaga dan akan Pemerintah dukung," pungkasnya.

Seperti diketahui, pasangan ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu merebut medali emas bulutangkis dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020. Keduanya berhasil menaklukkan wakil dari China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dengan kedudukan 21-19 dan 21-15.

(akd/ega)