Polri Tak Akan Perpanjang Operasi Aman Nusa II di Hari Terakhir PPKM Level 4

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 17:53 WIB
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

PPKM level 4 hingga saat ini belum ditentukan nasibnya, apakah bakal diperpanjang atau tidak. Meski begitu, Polri memutuskan tidak memperpanjang Operasi Aman Nusa II dalam penanganan COVID-19 yang akan berakhir pukul 24.00 WIB, malam nanti.

"Hari ini adalah hari terakhir Operasi Aman Nusa II, di mana tepat pukul 24.00 WIB, maka berakhir sudah Aman Nusa II," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan dalam jumpa pers virtual, Senin (2/8/2021).

Meski demikian, Ramadhan mengungkapkan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tetap berkomitmen untuk melakukan pencegahan COVID-19. Ramadhan menyebut Polri akan melanjutkan Operasi Aman Nusa II dengan melakukan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD).

"Kemudian adanya Surat Telegram (ST) Kapolri menyampaikan bahwa Polri tentunya walaupun Aman Nusa II ini berakhir, Polri tetap konsisten dan tetap melakukan pencegahan dalam penanganan COVID-19. Untuk itu, dalam ST Kapolri bahwa untuk pelaksanaan Operasi Kontigensi Aman Nusa II di lingkup Mabes Polri atau operasi yang dilakukan Satgaspus, tetap dilakukan secara mandiri dengan jumlah personel yang disesuaikan," ucapnya.

"Sedangkan untuk polda-polda yang menggelar, maka pada pukul 24.00 WIB ini dinyatakan selesai dan dilanjutkan pelaksanaan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD). Artinya, Polri tetap konsisten dalam menjaga, dalam rangka melakukan pencegahan dan penanganan COVID-19," sambungnya.

Selain itu, Ramadhan membeberkan capaian Polri selama masa Operasi Aman Nusa II dari 16 Juli hingga 1 Agustus 2021. Berikut ini sejumlah capaiannya:

1. Sub Satgas Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dittipidnarkoba) Bareskrim dengan jumlah penyelidikan sampai dengan 1 Agustus sebanyak 5.685 kegiatan.

2. Sub Satgas Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim dengan jumlah penyelidikan sebanyak 454 kegiatan.

3. Sub Satgas Tindak Pidana Siber penyelidikan 867 kegiatan dan restorative justice dengan 2 kegiatan.

4. Sub Satgas Tindak Pidana Tertentu dengan jumlah lidik sebanyak 641 kegiatan.

5. Sub Satgas Direktorat Tindak Pidana Korupsi penyelidikan 2 kegiatan dan sedang penyidikan 1 kegiatan.

6. Sub Satgas Direktorat Tindak Pidana Umum penyelidikan sebanyak 2.036 kegiatan, sidik pidana dengan 36, tipiring 2.592 kegiatan, dan restorative justice sebanyak 1.328 kegiatan.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Lihat juga Video: Wajah Pertokoan di ITC Fatmawati Usai Kembali Dibuka

[Gambas:Video 20detik]