Jelaskan Soal Arti Hari Kiamat: Ini Perbedaan Antara Sugra dan Kubra

Puti Yasmin - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 06:00 WIB
kiamat
Foto: via Brainberries/Jelaskan Soal Arti Hari Kiamat: Ini Perbedaan Antara Sugra dan Kubra
Jakarta -

Setiap Muslim wajib mengimani hari akhir. Hal ini juga dijelaskan dalam pelajaran agama Islam dan ditegaskan dalam pertanyaan 'jelaskan soal arti hari kiamat'.

Agar tak salah dalam menjawab, sahabat hikmah bisa mengetahui jawaban dari jelaskanlah arti hari kiamat, serta perbedaan kiamat sugra dan kubra di sini.

Jelaskan Soal Arti Hari Kiamat...

Dikutip dari buku 'Pendidikan Agama Islam' karya Bachrul Ilmi hari kiamat atau akhir adalah masa yang akan dihadapi seseorang setelah berakhirnya kehidupan di dunia. Berbeda dengan kehidupan di dunia yang berakhir dengan kematian, kehidupan di akhirat tidak akan berakhir.

Dengan kata lain, kehidupan di dunia bersifat sementara. Sedangkan, kehidupan di akhirat bersifat abadi. Untuk itu, kehidupan akirat jauh lebih utama dari kehidupan di dunia.

Dalam surat al Hajj ayat 7, Allah SWT berfirman

Arab: وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

Latin: wa annas-sā'ata ātiyatul lā raiba fīhā wa annallāha yab'aṡu man fil-qubụr

Artinya: Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.

  • Jelaskan 4 Perbedaan Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra

Kiamat Sugra adalah kiamat kecil, yaitu kerusakan yang dialami sebagian alam setiap waktu. Jelaskan 4 contoh kiamat kubra adalah gunung meletus, banjir, kebakaran hutan, atau meninggalnya manusia.

Sementara itu, kiamat Kubra adalah kiamat besar, yaitu hancurnya seluruh alam semesta dengan segala isinya yang dimulai dengan tiupan pertama sangkakala Malaikat Israfil. Nantinya, bumi berguncang dengan guncangan dahsyat yang diikuti dengan peristiwa kehancuran seluruh alam.

Dalam Quran surat al-A'raf ayat 187, Allah SWT berfirman,

Arab: يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ

Latin: yas`alụnaka 'anis-sā'ati ayyāna mursāhā, qul innamā 'ilmuhā 'inda rabbī, lā yujallīhā liwaqtihā illā huw, ṡaqulat fis-samāwāti wal-arḍ, lā ta`tīkum illā bagtah, yas`alụnaka ka`annaka ḥafiyyun 'an-hā, qul innamā 'ilmuhā 'indallāhi wa lākinna akṡaran-nāsi lā ya'lamụn

Artinya: Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, "Kapan terjadi?"" Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Artinya, kiamat kubra bisa datang secara tiba-tiba. Tetapi, soal tentang tanda-tanda hari kiamat bisa diketahui sebagai berikut

1. Tanda-tanda Kecil Kiamat

-Hamba sahaya wanita melahirkan tuannya
-Penggembala kambing hidup mewah di gedung yang megah
-Lenyapnya ilmu pengetahuan dan meluasnya kebodohan
-Banyak perjudian, minuman keras, dan perzinahan
-Sulit mendapatkan orang yang menerima sedekah
-Waktu berjalan amat pendek

2. Tanda-tanda Besar Kiamat

-Matahari terbit dari Barat
-Munculnya d-abbah (binatang raksasa)
-Munculnya dajjal
-Munculnya ya'juj dan ma'juj (Kaum yang suka membuat kerusakan di muka bumi)
-Turunnya Nabi Isa A.S

Semoga detikers memahami jawaban dari jelaskan soal arti hari kiamat dari penjelasan di atas ya!

(pay/nwy)