Ketum Bhayangkari Apresiasi Agenda Baksos-Vaksinasi Bhara Daksa 91

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 11:42 WIB
Juliati Sigit Prabowo/Dok Istimewa
Foto: Juliati Sigit Prabowo/Dok Istimewa
Jakarta -

Dalam rangka bakti 30 tahun pengabdian, Alumni Akpol 91 Batalion Bhara Daksa pada Sabtu (31/7) menggelar 'Gebrak vaksinasi dan Baksos Presisi Online' untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19. Ketua Umum Bhayangkari Juliati Sigit Prabowo mengapresiasi aksi yang dilaksanakan tanpa kerumunan ini.

"Bantuan secara sosial untuk meringankan beban masyarakat merupakan tindakan yang mulia," kata Juliati dalam keterangan resmi kepada wartawan, Senin (2/8/2021).

Juliati mengatakan, pengabdian kepada masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan yang positif. Cara ini selain membantu, juga efektif untuk menyambung tali silaturahmi dan menambah ikatan persaudaraan antarsesama anak bangsa, terlebih di masa pandemi COVID-19.

"Untuk itu, Polri memiliki peran penting dalam kehidupan sosial bermasyarakat, untuk dapat bersosialisasi secara aktif dengan harapan mengetahui lebih mendalam tentang kebutuhan sebenarnya dari masyarakat," katanya.

Menurut isteri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ini, program kemanusiaan Bhara Daksa 91 Polri ini memberikan dampak dan kontribusi positif secara nyata kepada masyarakat.

"Hasil yang diharapkan dengan adanya pengabdian kepada masyarakat dapat memupuk sebuah kecintaan terhadap sesama manusia. Tentu di kala pandemi seperti sekarang ini, peran gotong royong sangat diperlukan. Ini salah satu ciri khas yang melekat pada masyarakat Indonesia," tuturnya.

Di sisi lain, Juliati menyatakan pelaksanaan vaksinasi yang saat ini terus digalakkan merupakan langkah nyata untuk mencegah virus COVID-19. Semakin banyak yang divaksin akan ada kekebalan komunal (herd imunity). Dengan demikian bisa memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah yang melanda dunia ini.

Vaksin COVID-19 bermanfaat memberi perlindungan tubuh dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh. Untuk itu, sudah sewajarnya program Polri Peduli dalam memberikan pelayanan vaksinasi dilakukan oleh dokter, perawat atau bidan yang memiliki kompetensi dan dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan yang memenuhi persyaratan dan sudah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia," tuturnya.

"Untuk masyarakat, jalankan 3M menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, memgurangi mobilitas serta hindari kerumunan untuk kebaikan kita bersama.Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan berkat dan perlindungannya kepada kita semua," ujar Juliati.

Diketahui, dalam rangka Bakti 30 Tahun Pengabdian Alumni Akpol 91 Batalion Bhara Daksa menggelar gerakan sosial dan kepedulian untuk sesama di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (31/7). Agenda ini digelar untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Ada 1.500 paket sembako yang akan dibagikan secaraonline. Di samping itu, Polri juga menggelar vaksinasi dan pemberian baksosofflinesebanyak 30.000 paket di 91 titik di Jabodetabek pada Sabtu (31/7). Pembagiannya dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

(hri/fjp)