Menkes: Jangan Alihkan Vaksin Booster Moderna ke Non-nakes!

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 11:57 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Indonesia telah menerima vaksin Moderna dari Amerika Serikat (AS). Namun vaksin itu diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan (nakes) sebagai vaksin ketiga atau booster.

"Kita mendapatkan bantuan Moderna dari Pemerintah Amerika itu 4 juta dosis. Satu setengah juta dosis kita kasihkan dulu pertama kali untuk seluruh nakes sebagai single shot, satu suntikan booster ketiga, dan tolong bapak-ibu para nakes segera disuntikkan, para dinkes segera disuntikkan," ucap Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021).

Budi menegaskan agar penyuntikan ketiga atau booster itu segera dilakukan untuk para nakes. Dia juga menekankan penggunaan vaksin itu hanya untuk para nakes.

"Saya memohon dengan sangat, tolong jangan dialihkan ke non-nakes!" ucap Budi.

"Kita harus prioritaskan nakes karena merekalah tentara kita yang bertempur sehari-hari," imbuhnya memberikan penegasan.

Kabar terakhir mengenai vaksin Moderna itu muncul pada Minggu, 1 Agustus, kemarin saat sebanyak 3,5 juta dosis vaksin Moderna tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Lalu, sekitar 11 Juli 2021 atau beberapa minggu sebelumnya juga telah tiba vaksin Moderna 3 juta lebih dosis.

(dhn/fjp)