Bantu Palestina Bisa, Kini Saatnya Saling Bantu Rakyat Sendiri

Deden Gunawan - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 11:52 WIB
Jakarta -

Pandemi Covid-19 membuat ekonomi di Indonesia terpuruk terlebih adanya sejumlah pembatasan aktivitas di masyarakat. KH Ahmad Muwafiq berharap masyarakat tidak menyerah atau mengibarkan bendera putih. Sebab di manapun di dunia sekarang ini semua negara mengalami dan menghadapi kesulitan yang sama.

"Negara mana yang tidak habis secara ekonomi? Malaysia, Thailand, Saudi Arabia itu hotel-hotelnya masih bisa hidup? Nggak bisa, (semua) berhenti," kata Gus Muwafiq dalam Blak-blakan di detik.com, Senin (2/8/2021).

Dia berharap segenap masyarakat Indonesia bersatu-padu memikul beban selama pandemic ini dengan saling membantu. Bila untuk warga Palestina yang jauh nun di sana saja ada penggalanan donasi yang massif, idealnya saat ini hal serupa dilakukan.

"Palestina dipikul, disumbang kemana- mana, didonasi. Tapi begitu derita rakyat sendiri mana ada (gerakan donasi) sih?" kata Muwafiq.

Dia juga meminta kesadaran segenap masyarakat untuk mematuhi semua aturan terkait PPKM yang ditetapkan pemerintah atas nama negara. Sebab di manapun, kebijakan negara yang harus diikuti seperti anjuran menjaga jarak dan larangan berkerumun. Bila hal itu diserahkan begitu saja ke masyarakat dalam kultur komunal, apalagi punya prinsip 'makan tidak makan yang penting kumpul' tentu tidak akan jalan. Karena itu butuh negara yang menegakkan aturannya

Kultur komunal secara sosiologis - antropologis juga terjadi di India, Brasil, dan negara-negara Amerika Latin.

(deg/jat)