Usai 2 Agustus, Akankah PPKM Level 4 Kembali Diperpanjang?

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 10:37 WIB
Usai 2 Agustus, Akankah PPKM Level 4 Kembali Diperpanjang?
Usai 2 Agustus, Akankah PPKM Level 4 Kembali Diperpanjang? (Foto: Infografis detikcom/Denny)
Jakarta -

Tanggal 2 Agustus menjadi hari terakhir pelaksanaan perpanjangan pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 4 di Jawa-Bali dan non Jawa-Bali. Namun belum ada kabar terbaru apakah PPKM level 4 benar-benar akan diakhiri atau akan kembali diperpanjang.

Diketahui sejak perpanjangan PPKM level 4 mulai 26 Juli, kasus corona harian mengalami naik turun.Saat itu, kasus harian berada di angka 28 ribuan, namun sempat melonjak drastis di hari kedua dan kini kembali menurun di angka 30 ribuan kasus.

2 Agustus Akan Diumumkan Nasib PPKM Level 4

Keputusan terkait PPKM level 4 akan diumumkan pemerintah hari ini. Pengumuman akan kembali disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Keputusan terkait PPKM akan diumumkan secara langsung oleh Bapak Presiden RI sebelum PPKM tanggal 2 Agustus 2021 berakhir," kata Direktur Jenderal Bina Administrasi Wilayah Kemendagri, Syafrizal kepada wartawan, Minggu (1/8/2021).

Menurut Syafrizal, kebijakan yang akan diambil pemerintah akan mempertimbangkan seluruh aspek kehidupan. Dia mengatakan keselamatan warga adalah hukum yang tertinggi.

Sementara itu, Kemendagri akan mengikuti keputusan Jokowi terkait PPKM. Nantinya Kemendagri bersama pemerintah daerah siap menerapkan aturan tersebut.

"Kementerian Dalam Negeri beserta seluruh tingkatan pemerintahan, mulai dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota sampai dengan Kelurahan dan Desa berada dalam satu tekad untuk mensukseskan kebijakan apapun yang diambil oleh Bapak Presiden esok hari (hari ini)," tuturnya.

Kasus Corona di Luar Jawa-Bali Naik

Presiden Joko Widodo menyoroti tren kasus corona di luar Jawa-Bali yang mengalami kenaikan selama masa perpanjangan. Padahal menurutnya, di Jawa kasus mulai melandai.

"Saya melihat angka-angka tadi di wilayah-wilayah di Pulau Jawa sudah mulai melandai, pelan-pelan, tetapi yang di luar Jawa gantian naik. Inilah memang varian Delta ini sangat cepat sekali," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara pemberian Banpres Produktif Usaha Mikro 2021 di halaman Istana Merdeka seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).

Jokowi menjelaskan PPKM sejak beberapa pekan lalu merupakan kebijakan yang harus diambil untuk menekan kasus COVID-19. Menurut Jokowi, titik merah kasus COVID-19 di Jawa sudah mulai merata pada saat itu.

Wanti-wanti WHO Soal Nasib PPKM 2 Agustus

Nasib PPKM level 4 akan segera diumumkan pada 2 Agustus. WHO pun sempat memberikan saran agar melanjutkan pembatasan jika tren kasus corona masih tinggi.

Hal ini tertuang dalam rilis WHO terkait Situation Report-65 yang diterbitkan Kamis (29/7/2021). Data yang dirilis setiap pekan tersebut menyoroti kondisi kasus yang masih tinggi di Indonesia.

WHO mengimbau agar warga tetap dibiasakan menaati protokol kesehatan yang ketat. Pembatasan perlu dipercepat juga.

"Upaya menekan penularan lewat implementasi ketat pembatasan sosial dan penanganan kesehatan masyarakat (public health and social measure-PHSM) perlu dilanjutkan dan dipercepat. Sangat penting bagi masyarakat untuk terus berlatih menjaga jarak fisik, mencuci tangan, menggunakan masker, menghindari keramaian, tertutup dan pengaturan kontak dekat, dan memastikan ventilasi yang baik untuk membatasi penyebaran COVID-19 lebih lanjut," demikian saran WHO.

WHO juga mengamati laporan kasus mingguan Corona di tujuh provinsi. Tingkat penularan sangat tinggi terjadi per 100 ribu penduduk.

"Dari 19 hingga 25 Juli, tingkat penularan komunitas tertinggi (CT4) diamati di tujuh provinsi, berbeda dengan enam di minggu sebelumnya; tingkat penularan yang sangat tinggi per 100 ribu penduduk dilaporkan di DKI Jakarta (688,6), DI Yogyakarta (362,9), Kalimantan Timur (248,9), Kalimantan Utara (213,3), Kepulauan Riau (208.1), Papua Barat (198,1) dan Kepulauan Bangka Belitung (178,0)," tulis WHO dalam laporannya

Simak juga video 'Berakhir 2 Agustus, PPKM Level 4 Dinilai Bisa Saja Diteruskan':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/imk)