PPKM Level 4 Ditentukan Besok, Dengar Lagi Jeritan Pemilik Warteg-Pedagang

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 01 Agu 2021 18:47 WIB
Komunitas Warung Tegal Nusantara (Kowantara) mengkritik aturan makan 20 menit selama PPKM level 4 di sejumlah wilayah.
Foto: Warteg dengan aturan makan 20 menit (Grandyos Zafna)

Pedagang Pasar

Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus) termasuk yang kembali dibuka setelah PPKM Level 4 diperpanjang dengan pelonggaran bagi usaha kecil dan pasar rakyat. Namun sejumlah pedagang memilih untuk menjual hingga menyewakan tokonya.

Ada banyak toko di Blok A dan Blok B Pasar Tanah Abang yang tutup. Toko yang tutup itu bahkan diberi pemberitahuan bahwa toko itu dijual atau disewakan.

Pemberitahuan itu dituliskan di sebuah secarik kertas. Suasana di Pasar Blok A dan Blok B Tanah Abang tampak sepi.

"Dijual. Hub: 08215926xxxx," demikian isi dari pemberitahuan yang ditempel di toko yang sedang tutup.

Sementara itu, penjual baju koko di Blok A Pasar Tanah Abang, Tia, menurutnya banyak toko yang dijual karena pengunjung yang datang tidak banyak. Tia menduga sepi pembeli menjadi salah satu faktor toko-toko itu tutup.

"Sepi pembeli juga. Sebagian orang rata-rata karyawan dari luar daerah. Karena sepi ngaruh banget, ngaruh banget malahan," kata Tia.

Tia mengungkapkan Pasar Tanah Abang masih sepi karena ada persyaratan baru, yakni sertifikat vaksin COVID-19 bagi pedagang ataupun pengunjung. Jika belum divaksinasi, kata Tia, pasti tidak boleh masuk.

"Sepi. Kan juga harus pakai surat vaksin buat masuk, kalau nggak ya putar balik. Kan harus. Sepinya gitu, kadang laris," tuturnya.

Sementara itu, salah satu pedagang pakaian, Karim, mengeluhkan pembeli yang sangat sepi akibat peraturan itu. Karim mengatakan di hari biasa, Pasar Blok B Tanah Abang ramai.

"Jauh banget sepinya. Ya mungkin ada 20% yang berkunjung ke sini dari biasanya kalau lagi ramai. Biasanya ramai pembeli," ujar Karim.

Akibat sepi pembeli, Karim mengungkapkan dirinya hanya bisa meraup Rp 1 juta per hari. Biasanya, dirinya biasa menghasilkan Rp 8 juta per hari.

"Kalau jualan celana gini kalau lagi ramai-ramai Rp 8 juta dapat per hari. Sekarang sepi-sepi gini nyari Rp 1 juta aja susah. Nutup buat perut doang," keluhnya.

Lalu, apakah PPKM level 4 akan diperpanjang?

PPKM Level 4 akan berakhir besok, 2 Agustus 2021. Pemerintah pun akan mengumumkan apakah akan memperpanjang PPKM Level 4 atau tidak besok.

"Iya rencananya demikian (nasib PPKM level 4 diumumkan besok)," kata Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi kepada detikcom, Minggu (1/8/2021).

Seperti diketahui, pemerintah sebelumnya memutuskan melaksanakan PPKM Darurat sejak 3 hingga 20 Juli di Pulau Jawa-Bali. Kemudian, pemerintah mengubah nama kebijakan tersebut menjadi PPKM Level 4 dan memperpanjang mulai 21-25 Juli. Pemerintah kemudian kembali memperpanjang PPKM Level 4 mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.


(rdp/imk)