Pemilik Rumah Digedor di Sumut Ogah Kaitkan Sosok Putih di CCTV dengan Mistik

Perdana Ramadhan - detikNews
Sabtu, 31 Jul 2021 17:17 WIB
Pemilik rumah yang digedor di Batu Bara, Bustomi (Perdana-detikcom)
Pemilik rumah yang digedor di Batu Bara, Bustomi (Perdana/detikcom)
Batu Bara -

Pemilik rumah yang mengaku digedor di Batu Bara, Sumatera Utara (Sumut), Bustomi alias Tomy (35), ogah mengaitkan sosok putih misterius yang muncul di rekaman CCTV dengan hal mistis. Dia menilai sosok putih itu bisa saja cuma bayangan burung.

"Saya dihubungi orang dari mana-mana menanyakan tentang video itu. Saya bilang, saya juga nggak tahu itu bayangan putih apa. Bisa jadi burung atau apa. Nggak pernah berpikir hal-hal negatif," kata Tomy di rumahnya, Desa Dahari Selebar, Kecamatan Talawi, Batu Bara, Sabtu (31/7/2021).

Dia meminta warga tak berpikir macam-macam terkait video viral rekaman CCTV yang menunjukkan sosok putih misterius itu. Dia mengatakan video itu pertama kali diunggah istrinya di media sosial lewat akun Silvy Andriani Nasution pada Kamis (28/7).

"Jangan berpikir yang macam-macamlah," ujarnya.

Tomy menegaskan pintu rumahnya dan dua tetangganya memang digedor malam-malam. Namun dia mengaku tak melihat siapa yang menggedor pintu rumah itu sehingga mengecek rekaman CCTV, yang belakangan viral gegara ada sosok putih misterius.

"Kalau pintu digedor malam-malam itu memang ada. Jadi itulah awalnya kita cuma penasaran siapa yang gedor pintu, jadi buka rekaman CCTV," kata dia.

Rumah Tomy berada di dekat tempat pemakaman umum. Dia mengatakan lahan pemakaman tersebut merupakan wakaf dari kakeknya.

"Sebelum rumah ini dibangun, kuburan memang sudah ada. Ini lahan wakaf atok kami dulu. Tapi selama di sini, kalau hal-hal yang begitu, kami memang tak percaya," kata dia.

Polisi juga meminta warga tak mengaitkan peristiwa itu dengan hal mistis. Menurut polisi, belum ada laporan soal peristiwa rumah digedor malam-malam ataupun rekaman CCTV itu.

"Ngapain percaya," kata Kapolsek Labuhan Ruku AKP Jagani Sijabat saat dimintai konfirmasi, Sabtu (31/7).

"Nggak ada laporan. Apa yang mau diselidiki," sambungnya.

Tentang Video Viral

Dalam video viral itu, terlihat warga menonton rekaman di layar monitor CCTV ruko usaha bahan bangunan.

"Tadi malam kita dikejutkan sama rumah digedor-gedor jam delapan lewat, terus rumah tetangga aku digedornya jam 05.00 Subuh, terus ada lagi tetangga aku juga digedor juga Subuh, nggak tahu jam berapa. Ini kita mau lihat siapa pelakunya," kata perekam.

Perekam video memperlihatkan situasi beberapa orang berkumpul memperhatikan siapa sosok penggedor rumah yang diceritakannya. Saat rekaman diputar, tampak ada sosok putih berdiri di depan salah satu rumah.

"Ya Allah! La haulawala kuwata illa billah. Sumpah guys, aku merinding," kata suara dalam video itu.

Sosok putih itu tampak beberapa detik dalam rekaman CCTV dan tiba-tiba menghilang. Beberapa orang yang menyaksikan sosok putih itu lalu merekamnya dengan gawai.

Pengunggah video, Nirwana Asty, mengaku video tersebut didapatnya dari akun Facebook lain yang postingannya sudah dikunci. Dia mengaku peristiwa itu terjadi di daerah tempat tinggalnya di Talawi, Batu Bara.

"Daerahnya satu daerah sama saya. Di Kecamatan Talawi," kata Asty.

Lihat Video: Geger Sosok Putih Gedor Rumah Warga di Sumut, Polisi: Ngapain Percaya!

[Gambas:Video 20detik]





(haf/haf)