Viral

Jengkel Anabul Sukar Dilatih BAB di Rumah? Simak Penjelasannya

dtv - detikNews
Sabtu, 31 Jul 2021 20:15 WIB
Jakarta -

Kalau Anda pemilik anjing atau kucing yang sukar diajari buang kotoran di rumah, mungkin penjelasan dokter hewan Rajanti ini bisa memberi pencerahan. Penyebabnya adalah kepribadian anabul itu sendiri.

"Sebenarnya anjing dan kucing itu mereka bisa ditraining untuk membuang air dan pupnya di mana ya. Memang bukan tidak mungkin ya, ada beberapa sifat dari mereka di mana mereka itu sebenarnya mereka lebih happy kalau mereka bisa jalan-jalan sambil buang kotoran," terang Rajanti dalam program Viral di detikcom.

Anabul dengan kepribadian ini susah diajari untuk buang kotoran di tempat yang diinginkan pemiliknya. Mereka lebih suka buang kotoran di luar.

"Yang mereka itu kalau di dalam rumah itu nggak ngerti-ngerti gitu diajari. Sehingga mereka akan lebih nature secara instingnya dia. Begitu dia keluar ketemu rumput, dia akan dengan senang hati langsung pup di situ," ujar Rajanti.

Walau sukar bukan berarti anjing atau kucing dengan kepribadian ini tidak bisa diajari. Rajanti mengaku pihaknya bisa membantu pemilik anabul dengan bicara pada anjing atau kucing mereka.

"Iya, iya kita ajak ngobrol sih. Pakai bahasa kita. Mereka ngerti. Jadi kita beri tahu dulu. Kita cari tahu sebenernya kenapa sih kamu pupnya sembarangan? Nah kalau dia sekarang sudah ketemu, kenapanya nah baru lah kita kasih tau dia, 'kamu sebaiknya pup sama pee-nya di sini' di tempat yang kita mau, itu seperti itu," tutur dokter yang terkenal dengan sebutan animal whisperer ini.

Rajanti mengaku bisa memberikan perintah ke alam bawah sadar anabul sehingga lebih cepat dipahami. Termasuk soal perintah jangan buang kotoran sembarangan.

"Kalau ownernya yang bicara langsung, ownernya kan bicara dalam kondisi dia sadar, ya kan? Itu kan dia masuk di otak kirinya mereka. Dia akan bicara seperti biasa. Nah kalau saya memasukkan kalimat-kalimat ini di alam bawah sadarnya dia. Jadi bermain di alam bawah sadar," jelasnya.

"Yang paling bagus adalah kalo saya memberikan itu di alam bawah sadar dan ownernya memberi tau di alam sadar. Nah jadi dia sejalan, itu lebih cepet prosesnya," tambahnya.

(gah/gah)