Blak-Blakan Bob Bee Builder

Isteri-Anak Kena Covid, Youtuber Ekstrem Gratiskan Hotel untuk Isoman

Deden Gunawan - detikNews
Sabtu, 31 Jul 2021 07:00 WIB
Charles Robin Lie alias Bob Bee Builder
Bob Bee Builder (Foto: Dok. Pribadi)
Jakarta -

Youtuber makanan ekstrem Bob Bee Builder menggratiskan hotel bintang tiga miliknya di Kota Jambi untuk isolasi mandiri warga yang terpapar COVID-19. Ia berharap warga Jambi sudah dapat menikmati fasilitas hotel gratis ini mulai awal Agustus sebab kasus COVID-19 di Jambi trennya terus meningkat sejak 18 Juli lalu. Pada Kamis kemarin, setidaknya ada 576 kasus dan 48 dokter menjalani isolasi mandiri.

"Jumlah kamar ada 40, tapi karena ada dua hall besar ikut dimanfaatkan juga sehingga kapasitas bertambah jadi 74 kamar," kata Bob Bee saat dihubungi detik.com, Senin (26/7/2021). Hotel yang terdiri dari 6 lantai itu juga dilengkapi roof top yang bisa dimanfaatkan para pasien untuk berjemur di pagi hari.


Selain menggratiskan hotel, lelaki kelahiran Jambi, 28 Mei 1983 itu juga menyiapkan sekitar 50 tabung oksigen besar dari perusahaan lain miliknya. Untuk obat-obatan, vitamin, dan tenaga kesehatan Bob Bee bekerja sama dengan Satgas COVID dan Dinas Kesehatan setempat. Bob Bee berjanji menggratiskan Hotel Grand Malioboro di Jl. Iskandar Muda No. 168 Jambi itu sampai pandemi benar-benar dinyatakan selesai.

Sejak awal pekan lalu, dia juga menjalin kerja sama dengan beberapa pengusaha pembuat kusen dan pegawai yang kena PHK untuk membuat peti mati. Dia akan menggratiskan untuk siapa saja keluarga yang membutuhkan. "Untuk tahap pertama kami siapkan 100 peti dulu," ujarnya.

Keputusan menggratiskan hotel miliknya itu berangkat dari musibah dan rasa bersalah dirinya. Pada Januari 2021, isteri dan anak lelakinya terpapar virus corona. Keduanya harus melakukan isolasi mandiri di rumah. Sebagai suami dan ayah, dia mengaku sangat terpukul dengan kenyataan tak bisa berdekatan dengan mereka selama lebih dari dua pekan. Pada Juni lalu giliran pamannya yang meninggal dunia akibat COVID. Tapi yang membuatnya benar-benar terguncang dan merasa bersalah ketika di awal PPKM Darurat ada orang yang tinggal di dekat rumahnya meninggal saat menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Dia tak seberuntung keluarga saya bisa isolasi mandiri dengan nyaman. Rumahnya sempit dan harus berbagi dengan anggota keluarga lain tanpa makanan bergizi dan obat-obatan memadai, akhirnya memicu kluster keluarga," kata lulusan Queensland University, Australia itu.

Setelah merenung dan menimbang-nimbang dia memutuskan untuk mengaktifkan Hotel Grand Malioboro yang sudah hampir setahun tutup. Bob Bee menghubungi sejumlah instansi terkait untuk mewujudkan hal itu. Gubernur, Kapolda, dan Walikota sudah meninjau kelayakan hotel tersebut pekan lalu.

Selain mengelola hotel bintang tiga, lelaki yang bernama asli Charles Robin Lie itu juga dikenal sebagai pengusaha properti, hingga perkapalan. Cuma untuk menambah aktivis selama pandemi dia iseng-iseng membuat konten untuk youtube. Semula kontennya cuma seputar bagaimana menjaga kebugaran sesuai dengan hobinya ngegym. Belakangan dia membuat konten yang dianggapnya bisa lebih menghibur, yakni mengkonsumsi makanan ekstrem hingga mengunjungi tempat-tempat yang dianggap angker atau horor.

(jat/jat)