Polisi Dirikan Posko PPKM di Pasar Ikan Muara Baru, Prokes Diperketat

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 23:53 WIB
Posko PPKM Pasar Ikan Muara Baru (Dok.istimewa)
Foto: Posko PPKM Pasar Ikan Muara Baru (Dok.istimewa)
Jakarta -

Polisi memperketat penerapan protokol kesehatan di pasar ikan modern Muara Baru, Jakarta Utara. Pedagang yang masih abai langsung ditegur.

"Mayoritas pedagang di Pasar Muara Baru sudah sadar akan prokes, seperti menjaga jarak, memakai masker," kata Kapolsek Muara Baru AKP M Debby Tri Andrestian, dalam keterangannya, Jumat (30/7/2021).

Pasar tradisional yang menjual bahan pokok diperbolehkan kembali buka hingga pukul 20.00 WIB di masa PPKM level 4 ini, dengan aturan kapasitas pengunjung 50%. Guna mengawasi penerapan aturan tersebut, polisi mendirikan posko PPKM di pasar ikan modern Pelabuhan Muara Baru.

"Kami juga menerapkan one gate system untuk membatasi pengunjung," katanya.

Pengunjung pasar akan dicek suhu tubuhnya terlebih dahulu. Pedagang dan pengunjung juga diberi jarak untuk mengurangi interaksi yang berisiko terhadap penularan virus Corona.

"Kami laksanakan pengawasan dengan ketat dan bila ada yang melanggar akan diberikan teguran baik secara tertulis maupun lisan," imbuhnya.

Vaksinasi Mobile

Selain mengawasi penerapan prokes, di Posko PPKM juga disediakan tempat untuk vaksinasi. Setiap harinya ada 3 orang vaksinator yang bertugas untuk memberikan vaksin COVID-19 terhadap para pedagang.

Sementara itu, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana mengatakan, pengawasan di Posko PPKM Pasar Ikan Modern ini dilaksanakan bersama Perhimpunan Pedagang Hasil Laut Pasar Ikan Modern (PHLPIM) dan Himpunan Nelayan Purse Seine Nusantara(HNPSN).

"Petugas di Posko PPKM ini memastikan aktifitas di pasar tetap berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat," ujar Kholis.

Dengan adanya Posko PPKM Pasar Ikan Modern Pelabuhan Muara Baru, diharapkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan saat beraktifitas di luar rumah khususnya di area Pasar Ikan Modern menjadi lebih tinggi.

"Kami juga terbuka bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan vaksin di Gerai Vaksin Mobile yang disediakan di Posko PPKM Pasar Ikan Modern Muara Baru," tuturnya.

(ygs/mea)