Round-Up

Kala Presiden Paman Sam Ikut Soroti Proyeksi Jakarta Tenggelam

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 22:31 WIB
President Joe Biden speaks about reaching 300 million COVID-19 vaccination shots, in the State Dining Room of the White House, Friday, June 18, 2021, in Washington. (AP Photo/Evan Vucci)
Joe Biden (Foto: AP Photo/Evan Vucci)
Jakarta -

Ibu Kota Indonesia rencananya dipindahkan ke Kalimantan Timur. Rencana pemindahan ibu kota RI sampai dibicarakan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dengan menyinggung proyeksi DKI Jakarta tenggelam sepuluh tahun lagi.

Pernyataan soal Indonesia itu disampaikan Biden saat mengunjungi Kantor Direktur Intelijen Nasional. Dikutip dari situs resmi White House, Jumat (30/7/2021), pernyataan itu disampaikan dalam sambutannya di depan para pemimpin badan intelijen di AS.

Joe Biden mengatakan, kini permukaan air laut terus meningkat. Dia mengungkapkan, ke depannya, akan banyak orang bermigrasi dan memperebutkan tanah yang subur. Biden mencontohkan Afrika Utara.

"Tapi apa yang terjadi - apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?" kata dia.

Biden kemudian menyinggung Indonesia. Menurutnya, jika apa yang diproyeksikan benar, maka dalam 10 tahun ke depan Indonesia harus memindahkan ibu kota karena akan tenggelam.

"Itu penting. Ini adalah pertanyaan strategis sekaligus pertanyaan lingkungan," imbuh Biden.

Lantas, sejauh mana progres proyek pemindahan ibu kota? simak selengkapnya di halaman berikut



Simak Video "Biden Singgung DKI Tenggelam, DPRD DKI Minta Pemprov Kumpulkan Ahli"
[Gambas:Video 20detik]