Round-Up

Kala Presiden Paman Sam Ikut Soroti Proyeksi Jakarta Tenggelam

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 22:31 WIB
President Joe Biden speaks about reaching 300 million COVID-19 vaccination shots, in the State Dining Room of the White House, Friday, June 18, 2021, in Washington. (AP Photo/Evan Vucci)
Joe Biden (Foto: AP Photo/Evan Vucci)

Untuk diketahui, dalam data perencanaan pembangunan IKN dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), total lahan kawasan ibu kota baru seluas 256.142,74 hektare. Sedangkan kawasan intinya akan dibangun di atas lahan seluas 56.189,87 hektare.

Sejumlah hal tengah disiapkan pemerintah soal proses pemindahan ibu kota baru ini. Operasional tahap awal ibu kota baru ditargetkan pada 2024 dengan daya tampung 38 ribu orang. Saat ini masih diperhitungkan perkiraan jumlah populasi yang menempati ibu kota baru.

"Data ini masih sementara, dan saat ini terus diperhitungkan berapa kira-kira populasi yang akan dikejar ada di 2024, dan target ini cukup ofensif, walaupun kami masih terus menghitung," kata Direktur Bina Penataan Bangunan (BPB) Cipta Karya, Boby Ali Azhari, dalam seminar bertajuk 'Kota Baru IKN: Menakar Risiko Pembangunan?' secara virtual, Kamis (17/6/2021).

Penghitungan populasi ini juga akan mempengaruhi berapa jumlah hunian dan fasilitas yang akan dibangun di ibu kota baru. Selain itu, pemerintah menargetkan bisa menyediakan 12 ribu hunian dengan target total lahan perumahan seluas 101 hektare. Jumlah hunian yang akan disediakan ini juga bergantung pada jumlah populasi.

"Jumlah tower, apartemen, atau hunian yang akan dibangun di IKN masih terus diperhitungkan. Kemudian total fasilitas juga menjadi catatan penting kita di IKN ini," tutur Direktur Bina Penataan Bangunan (BPB) Cipta Karya Boby Ali Azhari dalam seminar bertajuk 'Kota Baru IKN: Menakar Risiko Pembangunan?' secara virtual, Kamis (17/6).

Untuk mendukung rencana ini, RUU Ibu Kota Negara tengah dipersiapkan. DPR masih menunggu bola dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"DPR menunggu bola dari Presiden. Tetapi, untuk pelaksanaan pembangunan konstruksi fisik IKN, harus ditunda sampai bencana nasional COVID-19 berlalu," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Luqman Hakim.

Senada dengan Luqman, pimpinan Komisi II DPR lainnya mengatakan akan mengawal proyek ibu kota baru.

"Kita tetap mendorong agar keinginan Presiden Jokowi/pemerintah untuk memindahkan ibu kota bisa terlaksana," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustopa.



Simak Video "Biden Singgung DKI Tenggelam, DPRD DKI Minta Pemprov Kumpulkan Ahli"
[Gambas:Video 20detik]

(eva/gbr)