Konser-Lomba Makan Kerupuk Virtual Bakal Warnai Rumah Digital Indonesia

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 17:51 WIB
Pemerintah Launching Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia (Foto: Istimewa)
Pemerintah Launching Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia (Dok.Istimewa)
Jakarta -

Pemerintah meluncurkan Rumah Digital Indonesia di Bulan Kemerdekaan. Nantinya, berbagai kegiatan yang digelar secara virtual akan mewarnai Rumah Digital Indonesia.

"Banyak aktivitas kemerdekaan yang biasanya kita lakukan secara offline ini kita pindahin semua dan kita bisa melakukannya secara online dan masyarakat bisa eksplor berbagai ruang di Rumah Digital Indonesia," kata Staf Khusus Presiden RI, Putri Tanjung, dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).

Putri mengungkapkan, dalam Rumah Digital Indonesia nantinya akan ada arena perlombaan. Lomba-lomba yang sebelum masa pandemi Corona dilakukan secara tatap muka, melalui Rumah Digital Indonesia, perlombaan itu akan digelar secara virtual. Tak tanggung-tanggung, perlombaan ini bakal diikuti seluruh Indonesia.

"Ada ruang arena perlombaan. Kalau kita bicara 17-an kan erat kaitannya dengan perlombaan. Di sini kita bisa mengikuti perlombaan khas 17-an, seperti lomba makan kerupuk, lomba balap karung, tarik tambang tapi semuanya secara virtual," ujarnya.

"Yang seru bukan cuma bermain. Kita juga bisa berkompetisi antar-peserta. Nanti ada papan skor untuk melihat siapa pemenang dari semua peserta. Jadi kita lomba 17-an, tapi persaingannya bukan cuma tetangga 1 RT tapi seluruh Indonesia," lanjut Putri.

Selain itu, kata Putri, Rumah Digital Indonesia juga menyediakan ruang seni dan budaya. Dia menjelaskan, di ruang ini, warga bisa menyaksikan beragam video kreatif dari masyarakat.

"Nah yang kedua ada ruang seni dan budaya dimana kita bisa menyaksikan beragam video kreatif masyarakat. Mulai dari menyanyi lagu nasional, daerah, tari, puisi, drama, sampai film pendek di sini juga ada. Dinding puisi yang menampilkan puisi-puisi para penyair legendaris Indonesia. Basis utama Rumah Digital Indonesia ini memang hasil karya kreativitas masyarakat. Jadi semuanya bisa berpartisipasi di Rumah Digital Indonesia ini," tutur dia.

Rumah Digital Indonesia nantinya juga memiliki bazar virtual. Bazar virtual ini akan berisikan produk-produk UMKM unggulan dari 34 provinsi yang terhubung dengan 4 market place.

"Dan kategorinya selain yang umum di marketplace, seperti fashion, kuliner dekorasi, herbal dan spa, ada juga wastra. Wastra ini adalah kain tenun lokal dari setiap daerah yang tidak hanya indah, tapi juga punya cerita tradisi yang sangat kaya. Lalu ada Petualangan Nusantara. Petualangan Nusantara ini adalah sebuah peta interaktif yang menggambarkan peta Indonesia dengan berbagai informasi, seperti destinasi wisata unggulan, kuliner khas daerah, dan salah satu section favorit saya adalah wajah Indonesia. Jadi wajah Indonesia ini akan menampilkan sosok-sosok local heroes yang telah berbuat sesuatu yang luar biasa berdampak bagi daerahnya," papar Putri.

Tak hanya itu, Rumah Digital Indonesia juga memiliki ruang komunitas dan literasi digital. Dalam ruang ini, warga Indonesia bisa menyaksikan banyak sekali konten menarik.

"Mulai dari aktivitas perayaan kemerdekaan dari masyarakat, cerita Indonesia yang menampilkan berbagai cerita menarik tentang negeri kita dan literasi digital yang menampilkan konten video yang mengajak masyarakat untuk memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif. Nanti juga akan ada pameran foto dari wartawan istana yang akan menampilkan foto-foto spesial kegiatan Istana," ucapnya.

Yang paling seru, Rumah Digital Indonesia juga akan mempersembahkan konser seni. Konser seni ini akan menghadirkan seniman-seniman Indonesia.

"Yang terakhir nanti ada panggung nasional, yaitu panggung utama dari Rumah Digital Indonesia yang menampilkan berbagai konten utama Bulan Kemerdekaan. Mulai dari konser kolaborasi pertunjukan seni yang melibatkan banyak seniman muda seperti Nadin Amizah, Yura Yunita, Yemima, dan masih banyak lagi. Ada juga agenda kenegaraan seperti upacara detik-detik proklamasi dan hiburan lainnya," kata Putri.

Ruang untuk Saling Menolong

Di Rumah Digital Indonesia juga akan ada ruang untuk saling tolong menolong. Melalui ruang ini, warga bisa saling menolong dan membantu dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Kita menyediakan ruang untuk saling menolong, saling membantu dalam menghadapi pandemi ini. Jadi pandemi ini masalah kesehatan, tapi juga masalah ekonomi kita harus saling peduli, saling berpartisipasi, saling bergotong-royong. Oleh karena itu, salah satu dari kamar di rumah digital adalah ruang untuk saling tolong-menolong. Karena kita untuk bisa keluar dari pandemi dalam waktu yang sesingkat-singkatnya dengan risiko yang sekecil-kecilnya ya bukan hanya pemerintah yang bekerja keras tapi seluruh lapisan masyarakat bergerak bergotong-royong, berpartisipasi untuk mengakhiri pandemi ini. Pokoknya kita menuju ke COVID-19 free Indonesia dalam waktu yang sesingkat-singkatnya," tutur Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

(mae/fjp)