Jokowi Ungkap BOR RSDC Wisma Atlet Turun Drastis Jadi 38%

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 10:35 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo (Foto: dok. Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan tingkat keterisian tempat tidur di RSDC Wisma Atlet kini mulai turun menjadi 38 persen. Jokowi bersyukur kasus COVID-19 kini mulai melandai.

"Saya tadi pagi sudah ngecek di Wisma Atlet, misalnya yang dulu sudah hampir 90 persen, pagi tadi saya cek angka keterisian dari tempat tidur di angka 38 persen. Dulunya 90 persen, hampir penuh. Ini juga patut kita syukuri," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara pemberian Banpres Produktif Usaha Mikro 2021 di halaman Istana Merdeka seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).

Jokowi menjelaskan penurunan juga terjadi di sejumlah daerah di Pulau Jawa. Namun kini kasus COVID-19 mulai naik di luar Pulau Jawa.

"Saya melihat angka-angka tadi di wilayah-wilayah di Pulau Jawa sudah mulai melandai, pelan-pelan. Tetapi yang di luar Jawa gantian, naik. Inilah memang varian Delta ini sangat cepat sekali," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan kasus COVID-19 di Indonesia sebenarnya sudah mulai melandai sejak beberapa bulan lalu. Namun merebaknya varian Delta menjadikan kasus COVID-19 naik lagi.

"Tetapi tanpa terprediksi muncul yang namanya varian Delta, varian baru jenis baru dari Corona muncul di India kemudian muncul di seluruh negara di dunia sehingga ekonomi global pun guncang. Kita juga sama. Begitu virus Delta ini muncul, langsung kasus positif menjadi naik secara drastis," kata Jokowi.

Karena itu, Jokowi langsung memberlakukan PPKM darurat untuk menekan lonjakan drastis kasus COVID-19. Jokowi bersyukur kini kasus COVID-19 mulai bisa ditekan.

"Tidak ada jalan lain saat itu karena di Pulau Jawa dan di Pulau Bali kita lihat semuanya titik semua titik merah, tidak ada yang kuning, sehingga keputusan yang sangat berat kita lakukan dengan PPKM darurat karena tidak ada cara yang lain selain yang itu, karena melompat kasusnya. Dan alhamdulillah sekarang paling tidak bisa kita rem, meskipun turunnya pelan-pelan, tapi bisa kita rem," ujar Jokowi.

Simak Video: RSDC Wisma Atlet Kini Rawat 2.925 Pasien, Okupansi Jadi 37,05%

[Gambas:Video 20detik]



(knv/tor)