detik's Advocate

Pinjol Sedot Data di HP dan Menyebarluaskan, Bisakah Saya Pidanakan?

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 09:37 WIB
Ilustrasi Ponsel, Ilustrasi Smartphone
Ilustrasi ponsel (Foto: Photo by Greg Froning on Unsplash)

Terkait mengenai penyebaran foto-foto saudara yang dilakukan platform tersebut, perlu untuk diketahui berdasarkan ketentuan, platform pinjaman online tidak boleh menggunakan data dan infromasi milik nasabah secara sepihak termasuk mengakses kontak nomor telepon milik nasabah. Tapi pada praktiknya aplikasi pinjaman online yang illegal sering mengakses kontak nomor telepon milik nasabah dan menyebarkan foto-foto nasabah disertai dengan keterangan-keterangan yang kurang baik.

Perbuatan tersebut jelas bertentangan dengan pasal 39 peraturan OJK 77 Juncto 32 Juncto pasal 48 Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 Juncto No. 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik ('ITE').

Kemudian terhadap ancaman-ancaman yang saudara alami yang dilakukan oleh oknum debt collector dari platform pinjaman online dapat dijerat dengan pasal 368 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dan pasal 29 jo pasal 45 B Undang-Undang ITE.

Dari jawaban yang telah kami berikan saudara dapat melaporkan kepada pihak yang berwajib seperti kepolisian dan OJK.

Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat bagi saudara.

Putra Tegar Sianipar, S.H., LL.M.
Menara Rajawali lt.7-1,
Mega Kuningan
Jakarta Selatan

Tentang detik's Advocate

detik's Advocate adalah rubrik baru di detikcom berupa tanya-jawab dan konsultasi hukum dari pembaca detikcom. Semua pertanyaan akan dijawab dan dikupas tuntas oleh para pakar di bidangnya dan akan ditayangkan di detikcom, baik dalam bentuk artikel ataupun visual.

Pembaca boleh bertanya semua hal tentang hukum, baik masalah pidana, perdata, keluarga, hubungan dengan kekasih, UU Informasi dan Teknologi Elektronik (ITE), hukum merekam hubungan badan (UU Pornografi), hukum waris, perlindungan konsumen dan lain-lain.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.

Pertanyaan dan masalah hukum/pertanyaan seputar hukum di atas, bisa dikirim ke kami ya di email:
redaksi@detik.com dan di-cc ke-email: andi.saputra@detik.com

Semua jawaban di rubrik ini bersifat informatif belaka dan bukan bagian dari legal opinion yang bisa dijadikan alat bukti di pengadilan serta tidak bisa digugat.

Salam
Tim Pengasuh detik's Advocate


(asp/mae)