PPKM di Padang, Andre Rosiade Beri Bantuan BLT-Sembako untuk Warga

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 10:05 WIB
Andre Rosiade
Foto: Andre Rosiade
Jakarta -

Anggota DPR RI Andre Rosiade menyalurkan sejumlah bantuan guna meringankan masyarakat di Kota Padang yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Utamanya bagi mereka yang terpaksa menjalani isolasi mandiri (isoman).

Adapun bantuan tersebut berupa BLT hingga sembako. Andre mengatakan penyaluran bantuan akan terus dilakukan, mengingat masih banyak warga yang membutuhkan. Ketua harian DPP IKatan Keluarga Minang (IKM) ini berharap warga yang mendapat bantuan bisa segera sembuh dan kembali beraktivitas seperti biasa.

"Kami meminta tim mengumpulkan data-data orang yang sangat perlu dibantu. Jangan sampai ada yang kelaparan saat PPKM ini berlangsung," kata Andre dalam keterangan tertulis, Jumat (30/7/2021).

"Kita harus bekerja bersama-sama membantu warga. Kami melihat, dari data-data yang masuk, memang sangat pantas dibantu. Semoga kita semua cepat keluar dari pandemi ini," imbuhnya.

Adalah Yani Heldhis (53). Salah seorang warga yang ikut mendapatkan bantuan dari Andre dan sedang dalam kondisi sakit sehingga harus rutin berobat. Meski mendapatkan kartu sehat, namun ia mengaku kesulitan dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari. Ditambah sang suami, Syafri (51) yang biasa bekerja serabutan atau menjadi tukang bangunan, kini sudah sebulan lebih menganggur.

Warga Rawang Timur, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang itu menyebut pandemi membuatnya semakin sengsara. Namun ia mengaku lega karena mendapat bantuan sembako dan uang tunai dari Andre Rosiade yang langsung mengantarkan ke tempat tinggal Yani yang merupakan rumah milik ibunya.

Ada pula Ernina (36) yang pekan lalu baru saja melahirkan anak keempatnya dan telah ditinggal mati ayahnya saat 3 bulan dalam kandungan. Ernina mengatakan sejak ditinggal oleh suami, ia harus hidup menumpang di kedai tua milik orang yang iba padanya.

Ia menjelaskan, sang suami Jamaris (41) meninggal karena penyakit hernia sekitar enam bulan lalu. Sejak saat itu mereka tak lagi mampu membayar kontrakan di Cingkariang, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam. Dia beserta tiga anak dan satu anak di kandungan kembali boyongan ke Kota Padang, tempat asalnya. Sayang, rumah tak ada dan terpaksa menumpang saja, sebelum diberikan rumah kayu oleh orang yang baik hati.

Menurut Ernina, kehidupan ia dan keempat anaknya sangat bergantung pada warga di Jalan Kampuang Tangah RW 5 RT 2, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji. Selama di sana dia tak bisa bekerja, karena sedang hamil dan sekarang baru saja melahirkan. Sehingga bantuan dari para tetangga sekitarlah yang dia harapkan.

Ia pun mengucapkan syukur karena karena menerima bantuan dari Andre.

"Terima kasih pak Andre Rosiade atas bantuan untuk keluarga kami. Ini bisa membantu kami memenuhi kebutuhan pokok saat kondisi begitu sulit ini. Semoga pak Andre sehat selalu," kata Ernina.

Di samping itu, ada juga Rini Sunarti (34), warga Kompleks Arai Pinang, Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lubeg juga mendapatkan bantuan dari Andre Rosiade. Sejak pandemi ditambah PPKM, Rini menyebut suaminya tak lagi bisa bekerja seperti biasa, yang membuat pendapatan sebagai tukang perabot terjun bebas. Padahal dia harus mengobati anak ketiganya, M Rehan yang disebut terkena hernia.

"Anak bungsu kami kena hernia. Kalau tiba sakitnya, menangis terus tanpa henti. Alhamdulillah ada sembako dan uang tunai dari pak Andre Rosiade. Ini yang akan kami gunakan untuk berobat. Biasanya hanya obat kampung. Semoga pak Andre terus konsisten membangu warga yang susah seperti ini," tutur Rini.

Sementara itu, seorang penjahit karung, Joni Danya (51) juga mengucap syukur karena Andre Rosiade mau membantu anaknya Riri Gusnila (23) yang sekarang lumpuh. Dia tak bisa lagi bekerja karena mengurusi anaknya yang sebenarnya sempat bekerja di Bandung, Jawa Barat sebelum lumpuh.

"Sekarang saya tabi maksimal kerja. Anak kedua kami sakit, awalnya jantung dan liver, sekarang malah lumpuh. Entah dengan apa akan diobati. Alhamdulillah, ada bantuan dari pak Andre yang kami bisa pakai untuk kebutuhan sehari-hari dan berobat anak. Penghasilan jadi penjahit karung sekarang turun, tak sampai 50 ribu per hari, itupun kalau ada pekerjaan," terangnya.


Lain lagi dengan Rijal Islamy yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) dengan keluarganya di kediamannya di Rawang Timur, Padang Selatan, Kota Padang. Dia mengaku sudah lebih dua minggu menjalani isoman pascadinyatakan positif COVID-19 saat pemeriksaan PCR di Puskesmas Rawang.

Rijal dan keluarga mendapatkan bantuan sembako dari Tim Andre Rosiade yang mendapatkan informasi keberadaannya, pada Selasa (27/7) sore. Satu paket lengkap sembako ditaruh di teras rumah sederhana di kawasan Rawang Timur itu.

"Terima kasih Pak Andre Rosiade, anggota DPR RI yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat beserta tim atas bantuan dan kepeduliannya kepada keluarga kami untuk yang kesekian kalinya. Partai Gerindra memang beda," pungkasnya.

Lihat juga Video: Anggota Komisi VI soal PPKM Darurat: Biarkan UMKM Berjualan

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)