PMI Siapkan 100.000 Vaksin Corona Per Hari

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 03:42 WIB
Jumlah kasus COVID-19 di Negeri Paman Sam kembali melonjak dalam beberapa pekan terakhir. Hal itu terjadi karena maraknya disinformasi dan hoaks soal vaksin.
Foto: AP Photo
Jakarta -

Palang Merah Indonesia (PMI) sedang menyiapkan infrastruktur dan jejaringnya untuk mempercepat vaksinasi virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Mereka menyebut siap memvaksin 100.000 orang per hari.

Wakil Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita menyebut pihaknya terus melakukan persiapan internal. Mereka juga berkomunikasi dengan pemerintah.

"Ini tugas yang tidak mudah, pemerintah mentargetkan 1 juta vaksin per hari, dan kita semua menyadari bahwa vaksinasi menjadi salah satu solusi utama. Karena itu, kepada pemerintah, PMI telah menyampaikan kesiapannya untuk membantu mempercepat vaksinasi," tutur Ginandjar dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (30/7/2021).

PMI dinilai mampu melaksanakan vaksinasi dengan masif. PMI memiliki kesiapan infrastruktur dan sumber daya di seluruh Indonesia.

"Di seluruh Indonesia kita punya 34 markas provinsi, 409 markas kabupatan dan kota, 236 unit donor darah, dan ratusan ribu relawan terlatih. Kerja sama PMI dengan pemerintah daerah dan profesi dokter dan perawat juga sangat baik. PMI siap memobilisasi sumber daya yang ada," kata Ginandjar.

"Dari assessment internal yang kami lakukan, PMI mampu menyelenggarakan vaksinasi untuk 100.000 warga per hari," katanya.

(aik/aik)