Menhub Sarankan KAI Intensifkan Program Vaksinasi di Luar Jabodetabek

Inkana Putri - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 20:45 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meninjau program vaksinasi di Stasiun KRL Jakarta Kota.
Foto: Dok. Kemenhub
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meninjau program vaksinasi di Stasiun KRL Jakarta Kota. Program ini dilakukan PT KAI dengan anak perusahaannya PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) bersama Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat.

Terdapat 900 vaksin dosis pertama yang disiapkan di empat Stasiun KRL yaitu Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Duri dan Stasiun Angke. Budi pun mengapresiasi upaya KCI dalam menghadirkan vaksinasi. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan imunitas masyarakat terhadap virus COVID-19.

"Saya menyarankan kegiatan ini dapat diintensifkan di daerah lain seperti di Jawa Tengah dan daerah-daerah lainnya," kata Budi dalam keterangan tertulis, Kamis (29/7/2021).

Sementara itu, Muhadjir juga mengapresiasi dan mendukung kegiatan vaksinasi yang dilakukan KCI dan KAI di sejumlah simpul transportasi seperti stasiun.

"Pemilihan tempat vaksinasi di stasiun ini sangat tepat. Sasaran utamanya adalah para pelanggan kereta api yang secara rutin menggunakan kereta untuk kepentingan sehari-hari terutama untuk bekerja. Dengan sudah divaksin, maka aman untuk mereka dan juga orang lain yang belum ada kesempatan untuk divaksin," ungkapnya.

Muhadjir pun berharap agar seluruh masyarakat dapat memperoleh vaksin. Dengan demikian, Indonesia dapat segera mencapai kekebalan komunal atau herd immunity.

"Karena sudah terbukti bahwa siapa yang sudah mendapatkan vaksin tingkat kekebalannya relatif lebih baik daripada yang belum divaksin. Kita berharap COVID-19 ini segera berlalu salah satunya dengan vaksin ini," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam kunjungan tersebut turut hadir mendampingi Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, dan Deputi Bidang Kesehatan Kementerian Koordinator PMK Agus Suprapto.

Adapun kegiatan vaksinasi di empat stasiun KRL tersebut dimulai sejak Minggu (25/7). Setiap harinya, sekitar 200-300 vaksin dosis pertama diberikan kepada para penumpang maupun masyarakat yang ada di sekitar stasiun.

Masyarakat yang ingin mengikuti vaksin di empat stasiun tersebut dapat mendaftar melalui website https://vaksinasi.krl.co.id/daftar.

(akn/ega)