Jenazah Corona Makassar Boleh Dikubur di Selain TPU COVID-19, Ini Syaratnya

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 18:04 WIB
Kasus COVID-19 di Kabupaten Situbondo juga melonjak. Dalam sehari, tambahan pasien COVID-19 mencapai puluhan orang.
Ilustrasi pemakaman jenazah COVID-19. (Dok. Istimewa)
Makassar -

Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman mengizinkan jenazah pasien COVID-19 di Kota Makassar dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) selain di pemakaman khusus COVID-19 Sulsel di Macanda, Kabupaten Gowa. Pengantaran jenazah COVID ke TPU juga boleh dilakukan rumah sakit yang melakukan pemulasaraan jenazah.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman Nomor 225/VII/2021 tentang Protokol Penatalaksanaan Pemulasaraan dan Pemakaman Jenazah COVID-19 Sulsel. Surat diteken Andi Sudirman di Makassar (28/7/2021).

Poin kesatu SE tersebut menyatakan, untuk jenazah pasien positif COVID-19 yang meninggal di rumah sakit di Kota Makassar, pemulasaraan jenazah, penyiapan kantong jenazah, dan peti jenazah akan dilakukan oleh rumah sakit tersebut.

Selanjutnya, pemakamannya dilakukan di TPU khusus COVID-19 Sulsel di Macanda, Gowa, atau TPU lainnya. "Dengan syarat tidak ada penolakan dari warga setempat," tulis Andi Sudirman dalam Surat Edarannya.

Selain itu, proses evakuasi jenazah COVID-19 dari rumah sakit ke TPU boleh dilakukan oleh rumah sakit yang melakukan pemulasaraan jenazah. Hal ini berbeda dengan aturan sebelumnya, dimana hanya Satgas COVID-19 Sulsel yang boleh menjemput jenazah ke rumah sakit dan memakamkannya di TPU.

"Penyiapan liang lahat dan proses pemakaman akan dilaksanakan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan dan/atau Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Makassar," bunyi poin kesatu huruf C SE Plt Gubernur Sulsel.

Sementara itu, jika pemakaman jenazah COVID-19 dilakukan di TPU yang tidak ditetapkan oleh Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar sebagai TPU khusus COVID-19, biaya penyiapan kantong jenazah, peti, mobil jenazah, dan biaya lainnya yang diperlukan untuk proses evakuasi , serta biaya penyiapan liang lahat akan dibebankan kepada pihak keluarga.

Pemakaman di TPU selain TPU khusus COVID-19 juga tetap dilakukan dengan SOP protokol COVID-19 oleh Satgas COVID-19 Sulsel atau Satgas COVID-19 Makassar.

"Acara pemakaman hanya bisa dihadiri oleh keluarga dengan jumlah maksimal 10 orang," tulis poin kesatu huruf E SE tersebut.

Satgas COVID-19 Sulel atau Satgas COVID-19 Makassar memberikan dukungan keamanan dan dukungan lainnya yang diperlukan selama proses pemakaman jenazah COVID-19 di TPU selain TPU khusus COVID-19.

Selain aturan yang disebutkan di atas, Andi Sudirman memberikan kewenangan kepada Satgas COVID-19 Makassar untuk mengatur sendiri proses pemulasaraan jenazah, pengantaran, dan pemakaman jenazah COVID-19 dengan tetap menyesuaikan ketentuan yang diatur dalam surat edaran.

Lihat juga video 'TPU Jombang Zona 2 Diprediksi Penuh dalam 2 Bulan ke Depan':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/jbr)