Terungkap! Pembunuhan Lansia di Jaksel Direncanakan Sang Suami

Ferdian Zikran - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 16:56 WIB
Jakarta -

Polres Metro Jakarta Selatan menggelar prarekonstruksi kasus pembunuhan Maysuroh alias Yoyoh (63) oleh suaminya di Jagakarsa, Jaksel. Dalam prarekonstruksi itu, tersangka AR (66) dihadirkan.

Prarekonstruksi dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Metro Jaksel Kompol Achmad Akbar. Total ada 16 adegan diperagakan oleh tersangka dalam prarekonstruksi ini.

Kompol Akbar mengatakan dalam prarekonstruksi itu pihaknya juga menghadirkan 6 saksi perkara ini. Mereka merupakan warga sekitar yang pertama kali mengetahui kejadian itu.

"Pada pelaksanaannya kita bisa membaca paling tidak ada sekitar 4 sampai 5 adegan inti yang bisa menunjukkan bahwa perbuatan pembunuhan secara berencana tersebut memang terjadi dan bisa kita munculkan alat buktinya," kata Akbar usai menggelar prarekonstruksi di Mapolres Jaksel, Kamis (29/7/2021).

Dia memastikan segera menggelar rekonstruksi kasus. Nantinya akan dilibatkan jaksa peneliti.

"Pasti akan kita agenda kan dengan prosedur yang ada dan kita upayakan sesegera mungkin," ucapnya.

Awal Mula Kasus

Penemuan mayat perempuan lansia, Maysuroh alias Yoyoh (63), di rumahnya di Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Selasa (26/7), membuat geger. Yoyoh ditemukan tewas bersimbah darah.

Yoyoh dibunuh oleh AR saat sedang tidur. Kepada polisi, tersangka mengaku membunuh korban karena cemburu yang dia pendam selama 5 tahun.

Dari serangkaian bukti dan keterangan para saksi, polisi menetapkan AR sebagai tersangka pembunuhan.

"Maka, dari temuan yang kita dapatkan di lapangan dari olah TKP, bukti petunjuk, keterangan saksi, kita kemudian menaikkan ke tingkat penyelidikan ke penyidikan dan telah menetapkan tersangka. Maka Saudara AR kita tetapkan tersangka pelaku pembunuhan," terang Kapolres Jaksel Kombes Azis Andriansyah, kemarin.

(fas/mea)