Menko PMK-Menhub Tinjau Vaksinasi di Jakarta Kota, Ingatkan Pakai Masker Dobel

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 15:44 WIB
Menko PMK dan Menhub Tinjau Vaksinasi di St Jakarta Kota
Menko PMK dan Menhub Tinjau Vaksinasi di St Jakarta Kota (Annisa Rizky/detikcom)
Jakarta -

Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendatangi Stasiun Jakarta Kota guna meninjau vaksinasi COVID-19. Muhadjir mengingatkan warga agar menggunakan masker dua lapis atau dobel.

Pantauan detikcom, Kamis (29/7/2021), Muhadjir dan Budi langsung memasuki area vaksinasi COVID-19. Dia berkeliling dan memantau suasana di lokasi. Budi pun bertanya kepada warga yang mengikuti vaksinasi.

"Lagi vaksin? Rumah di mana?," ujar Budi saat menyapa salah satu peserta vaksin di lokasi.

Dalam tinjuan ini, Muhadjir dan Budi didampingi oleh jajaran PT KAI. Sesekali mereka tampak mengobrol.

Saat mendatangi peserta, Muhadjir tampak membagikan masker. Hal itu dia lakukan lantaran peserta vaksin kebanyakan hanya menggunakan satu masker.

"Maskernya harus didobel. Coba saya minta masker," kata Muhadjir sembari meminta beberapa masker dari anggotanya.

Setelah menyapa peserta, di hadapan peserta Menhub ataupun Menko PMK mengimbau masyarakat yang belum divaksinasi agar segera melakukan vaksinasi. Sebab, menurutnya, vaksinasi dapat menjaga tubuh sekaligus meningkatkan imun.

Keduanya pun mengapresiasi langkah PT KAI dalam memfasilitasi masyarakat. Terlebih, tak sedikit dari masyarakat yang menggunakan kereta api sebagai moda transportasi untuk bekerja.

Keduanya pun berharap seluruh masyarakat bisa mengikuti vaksinasi COVID-19. Dengan vaksin pula, seluruh pihak sudah bergotong royong untuk menekan penyebaran virus COVID-19.

"Dengan mereka sudah divaksin, maka keamanan dan kenyamanan mereka berkendara itu aman untuk dirinya. Namun demikian, jika nggak menutup kemungkinan memang diberi kesempatan kepada mereka yang tidak menggunakan kereta sebagai moda transportasinya," jelas Muhadjir.

Menko PMK Jelaskan Pentingnya Vaksinasi

Menko PMK Muhadjir Effendy mendorong PT KAI untuk gencar melakukan vaksinasi kepada seluruh kalangan masyarakat. Dengan vaksinasi, masyarakat lebih aman dalam berkendara.

Ia meminta sasaran vaksin bisa dirasakan oleh seluruh kalangan. Artinya, vaksin yang digelar PT KAI di berbagai stasiun, tidak hanya fokus melayani penumpang kereta.

"Saran saya memang mengidentifikasikan sasarannya kepada mereka yang memilih atau tidak memilih kereta api sebagai moda transportasinya untuk menunjang pekerjaan sehari-hari," ujar Menko di stasiun Jakarta Kota, Kamis (29/7/2021).

Jika tak menutup kemungkinan, masyarakat umum yang tidak menggunakan kereta api sebagai moda transportasi bisa mendapatkan kesempatan divaksinasi. Terlebih, vaksin menjadi salah satu cara untuk melindungi diri.

Dia menilai, jika seluruh masyarakat sudah divaksin, mereka cenderung lebih aman. Sehingga, sambung Muhadjir, mereka akan lebih nyaman saat berkendara.

"Dengan mereka sudah divaksin, maka keamanan dan kenyamanan mereka berkendara itu aman untuk dirinya," katanya.

Muhadjir menambahkan, vaksinasi terbukti meningkatkan kekebalan tubuh. Karena itulah, dia mendorong masyarakat yang belum divaksin segera mendaftarkan diri.

"Sudah terbukti siapa yang mendapat vaksin, tingkat kekebalannya relatif lebih baik dibanding mereka yang belum divaksin. Kita juga berharap COVID-19 segera berakhir, salah satunya ya dengan vaksinasi" jelasnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi langkah PT KAI yang sudah menyediakan gerai vaksin di berbagai stasiun. Menurutnya, vaksinasi sekaligus bisa meningkatkan kekebalan maupun imunitas tubuh agar semakin baik.

Dia pun mengapresiasi seluruh tenaga kesehatan (nakes) dan petugas terkait dalam membantu vaksinasi massal. Budi berharap langkah ini bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat.

"Saya berterima kasih pada PT KAI yang sudah melakukan vaksinasi di seluruh stasiun, baik di Jabodetabek maupun di kota-kota Jateng dan sebagainya. Semoga apa yang kita lakukan bermanfaat," terangnya.

Simak juga 'Pemkab Ciamis Targetkan Vaksinasi COVID-19 pada 118 Ribu Anak':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)