Vaksinasi COVID di Cilegon Rendah, Lanal Banten Rutin Gelar Selasa-Kamis

M Iqbal - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 13:17 WIB
Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono meninjau vaksinasi COVID-19 di galangan kapal Cilegon (M Iqbal/detikcom)
Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono meninjau vaksinasi COVID-19 di galangan kapal Cilegon. (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono menyebut vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat pesisir masih rendah. Dia meminta agar serbuan vaksinasi ke masyarakat pesisir lebih digencarkan.

"Hari ini kita melaksanakan vaksin bagi masyarakat maritim dan pesisir di daerah yang tingkat vaksinasinya masih rendah," kata Laksdya Heri kepada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Heri mengatakan TNI AL menyiapkan sejumlah personel untuk membantu vaksinasi warga yang tinggal di pesisir Banten. Vaksinasi hari ini digelar di galangan kapal, TNI AL bekerja sama dengan pemerintah daerah menyediakan 1.000 dosis vaksin bagi warga pesisir di Puloampel, Kabupaten Serang.

"Ini yang kedua kalinya tim TNI AL hadir di sini setelah seminggu yang lalu dengan Kementerian Perhubungan, kita melanjutkan kegiatan melaksanakan serbuan vaksin untuk masyarakat maritim dan daerah-daerah yang persentase vaksinnya masih rendah," kata dia.

"Target kita pagi ini seribu orang, mudah-mudahan berjalan lancar. Saya lihat hari ini juga antusiasme masyarakat besar sekali untuk segera tervaksin," lanjutnya.

Dia menuturkan, vaksinasi tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi pekerja galangan kapal saja, tetapi untuk seluruh masyarakat yang berdomisili di sekitar Merak dan Puloampel.

"Untuk semua masyarakat maritim di sekitar sini, karena mereka juga harus menjadi masyarakat yang produktif," tuturnya.

Sementara itu, untuk memperbanyak warga pesisir yang mendapatkan vaksin, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten rutin mengadakan vaksinasi. Kegiatan vaksinasi dilaksanakan dua kali dalam sepekan, yakni pada Selasa dan Kamis.

"Kita rutin melaksanakan vaksinasi di Mako Lanal Banten dua kali seminggu, kuota satu kali 60-80 orang," kata Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Budi Iryanto.

Pelaksanaan vaksinasi rutin tersebut bakal terus digelar hingga target pemerintah pusat tercapai. Budi mempersilakan masyarakat Cilegon dan sekitarnya yang hendak divaksinasi datang ke Mako Lanal Banten di Merak.

"(Targetnya) sampai perintah pimpinan TNI AL selesai sesuai instruksi Presiden. Kita mempersilakan bagi warga yang mau divaksinasi datang ke mako kita," ujarnya.

(jbr/jbr)