Round-Up

Tambah Panjang Daftar Pria NTB Ajak 2 Wanita Sekaligus Menikah

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 05:17 WIB
Foto: Seorang pria menikahi dua wanita kembali terjadi di NTB. Pernikahan itu disebut terjadi di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. (FB Doyok Potret)
Seorang pria menikahi dua wanita kembali terjadi di NTB. Pernikahan itu disebut terjadi di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. (FB Doyok Potret)
Lombok -

Peristiwa seorang pria menikah dua orang wanita sekaligus kembali terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Kejadian ini menambah panjang daftar satu pria langsung nikahi dua wanita.

Dalam catatan detikcom, setidaknya ada tiga pria yang menikahi dua orang wanita secara langsung di NTB sejak 2020. Para pria ini memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

Petani Nikahi 2 Wanita Sepupuan Sekaligus

Cerita pertama datang dari seorang petani di Lombok Barat, Syaiful Bahri. Dia menikahi dua orang wanita sekaligus.

Namun, akad nikahnya digelar pada hari berbeda. Cerita itu viral di media sosial.

"Iya betul, kalau pernikahannya (resepsinya) pas kawinnya dua hari lalu," kata Kasi Pelayanan Desa Lembar, Lombok Barat, Ahmad Jumandito, saat dihubungi detikcom, Selasa (23/6/2020).

Resepsi pernikahan diketahui digelar pada Sabtu (20/6). Jumandito mengatakan akad nikahnya sudah digelar sepekan sebelumnya.

Wanita yang pertama dinikhai Syaiful adalah Setiawati (23). Besoknya, dia menikah dengan Hairani (25).

Kedua wanita itu masih punya hubungan saudara. Jumandito mengatakan Syaiful sehari-hari bekerja sebagai petani.

"Serabutan sih, petani dia," tuturnya.

Syaiful Bahri menikahi 2 wanita di Lombok Barat, NTB.Syaiful Bahri menikahi 2 wanita di Lombok Barat, NTB. Foto: Syaiful Bahri menikahi 2 wanita di Lombok Barat, NTB. (Istimewa)

Syaiful memberikan mahar masing-masing Rp 2 juta kepada istri-istrinya. Jumandito mengatakan Syaiful memang memacari kedua wanita tersebut.

Mereka berpacaran sekitar 2 bulan sebelum akhirnya menikah. Setelah menikah, dua istrinya itu tinggal di rumah berbeda.

"Katanya nggak sengaja, terjadi begitu saja (pernikahan). Memang dia pacaran dengan dua orang ini," ucapnya.

Siswa SMK Nikahi 2 Remaja di Bawah Umur

Kisah berikutnya datang dari seorang siswa SMK di Lombok Barat, AR, yang pada 2020 masih duduk di kelas XII SMK. Dia menikahi dua remaja perempuan di bawah umur.

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lombok Barat, mengetahui pernikahan tersebut di Desa Sekotong, Kecamatan Sekotong. AR disebut menikah dengan R (16) pada Selala (15/9/2020).

Dia kemudian melakukan akad nikah kedua dengan F (16) pada Minggu (11/10/2020). Resepsi pernikahan mereka bertiga digelar di Dusun Batu Bangke, Desa Cendi Manik, tepatnya di kediaman AR, Senin (12/10/2020).

Sekretaris DP2KBP3A Lombok Barat, Erni Suryana, mengatakan pihaknya memanggil ketiga remaja itu dan orang tua mereka. Setelah dipanggil dan dimintai keterangan, kedua wanita yang menjadi istri AR itu ternyata sudah dalam kondisi hamil sehingga tak mungkin dipisahkan.

"Karena kedua mempelai sudah hamil, sehingga upaya untuk memisahkan tidak mungkin dilakukan," kata Erni saat dihubungi detikcom Senin (19/10/2020).

Lihat juga Video: PKL Diminta Sabar Selama Penerapan PPKM karena Berdagang Dibatasi

[Gambas:Video 20detik]