Viral Influencer Disebut Dapat 'Booster' Vaksin Ketiga, Ini Kata Dinkes DKI

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 20:30 WIB
Scientists are done research on vaccine in laboratory with test tubes on Covid19 Coronavirus type for discover vaccine.
Ilustrasi Vaksin. (Foto: Getty Images/iStockphoto/chayakorn lotongkum)
Jakarta -

Viral seorang influencer diduga mendapatkan booster atau vaksin Corona ketiga. Dinas Kesehatan DKI Jakarta buka suara.

Informasi ini bermula dari tangkapan layar IG Story yang kemudian ramai dibahas di Twitter. Dinarasikan ada seorang selebgram menulis keterangan sedang divaksinasi COVID-19 yang ketiga kali.

Dalam tangkapan layar itu terlihat logo DPRD DKI. "9:18 AM Tuesday vaccine shot x 3:Booster," tulis keterangan dalam foto tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia menegaskan saat ini Jakarta baru menyuntikkan dosis ketiga vaksin COVID-19 hanya untuk tenaga kesehatan (nakes). Vaksin yang diberikan berjenis Moderna.

"DKI Jakarta mulai memberikan vaksinasi dosis ketiga untuk nakes. Dilakukan secara bertahap dimulai sejak minggu lalu," kata Dwi saat dihubungi detikcom, Rabu (28/7/2021).

Dwi juga mengatakan pihaknya belum mendapatkan laporan terkait kejadian viral tersebut. Meski demikian, dia menjelaskan sementara ini penyuntikan 'booster' vaksin ketiga hanya di rumah sakit vertikal yang ada di Ibu Kota. Ke depannya, pemberian vaksin ketiga untuk nakes akan dilakukan secara bertahap ke fasilitas kesehatan (faskes) lainnya.

"Diawali di RS vertikal bertahap ke faskes yang ada di Jakarta," ujarnya.

Kementerian Kesehatan sebelumnya memberi tanggapan terhadap kejadian viral ini. Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi menyatakan kejadian tersebut tengah ditelusuri lebih lanjut.

"Belum. Masih dicek ke (Dinkes) DKI ya," jelas dr Nadia saat dihubungi detikcom, Rabu (28/7/2021).

Vaksinasi Corona dosis ketiga diketahui hingga kini baru diberikan kepada para tenaga kesehatan karena berada di garda terdepan penanganan COVID-19. Sementara itu, masyarakat dinilai dr Nadia belum perlu mendapatkan vaksinasi booster COVID-19 atau vaksinasi ketiga.

Lihat Video: Penjelasan Pakar soal Booster Vaksin COVID-19 Tak Pakai Sinovac

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)