Cak Imin Sarankan PMI Buat Sistem Drive Thru Donor Plasma Konvalesen

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 20:10 WIB
PKB
Foto: Dok. PKB
Jakarta -

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar menyarankan Palang Merah Indonesia (PMI) membuat layanan drive thru untuk donor plasma konvalesen. Tujuannya agar mempercepat proses donor.

"Saya mendapatkan info banyak masyarakat yang butuh donor plasma konsavelen. Nah ini perlu diimbangi dengan inovasi dan gerak cepat PMI, coba pakai sistem drive thru ya," jelas Cak Imin, sapaan akrabnya dalam keterangan tertulis, Rabu (28/7/2021).

Menurut Cak Imin, langkah tersebut perlu dilakukan sebagai solusi akan tingginya permintaan donor plasma konvalesen. Ia pun mengimbau kepada penyintas COVID-19 yang memenuhi syarat donor untuk menyumbangkan plasmanya atas nama kemanusiaan.

"Jadi permintaan tinggi, tentunya harus sejalan dengan ketersediaan stok plasma konvalesen," kata Cak Imin.

Di lain sisi, Wakil Ketua DPR RI ini mengecam tindakan segelintir orang yang memanfaatkan pandemi untuk melakukan penipuan pengadaan plasma konvalesen, seperti yang terjadi di Sidoarjo, Jawa Timur. Ia meminta aparat penegak hukum untuk segera mengusut kasus tersebut, sekaligus mengedukasi masyarakat untuk tidak mudah terbujuk iming-iming donor konvalesen dari orang yang belum dikenal.

"Tolong segera ditindak tegas, segala praktik penipuan saat kondisi sulit begini harus dihukum setimpal. Saya juga mengimbau yang membutuhkan plasma konvalesen untuk hati-hati, sebaiknya lewat PMI saja deh," pesan Cak Imin.

PMI membutuhkan sekurangnya 1.000 donor plasma konvalesen per hari untuk memenuhi kebutuhan para penderita COVID-19. Adapun saat ini rata-rata donor plasma konvalesen baru mencapai 600-an per hari.

(akn/ega)