Kota Bogor Raih 3 Penghargaan Bidang Digitalisasi & Manajemen Inflasi

Yudistira Imandiar - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 16:29 WIB
Kota Bogor Raih 3 Penghargaan Bidang Digitalisasi & Manajemen Inflasi
Foto: Dok. Pemkot Bogor
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyabet tiga kategori penghargaan di bidang digitalisasi dan pengendalian inflasi. Penghargaan diberikan pada rapat koordinasi wilayah Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Jawa Barat yang digelar secara virtual, Selasa (27/7).

Tiga penghargaan yang diberikan adalah Terbaik I Kategori Pemda Terbaik Dalam Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah, Terbaik III Kategori Pemda Terbaik Digitalisasi Ekonomi Daerah dan Terbaik IV Untuk Kota IHK (Indeks Harga Konsumen) Dalam Pengendalian Inflasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah menuturkan upaya penanganan pandemi COVID-19 merupakan tantangan tersendiri bagi Pemkot Bogor untuk dapat menyeimbangkan sektor kesehatan dalam hal menekan laju penyebaran COVID-19 dan sektor ekonomi terkait menahan laju perlambatan pergerakan ekonomi masyarakat.

Syarifah menjelaskan salah satu strategi adaptif dan responsif yang dilakukan Kota Bogor dalam pemulihan ekonomi adalah dengan mempercepat proses transformasi digitalisasi ekonomi daerah. Hal ini meliputi proses transaksi keuangan dan pengendalian inflasi daerah melalui digitalisasi pasokan dan distribusi pangan ke masyarakat.

Digitalisasi, sebut Syarifah, membuat aktivitas ekonomi lebih efektif dan efisien. Walaupun proses tatap muka dikurangi, aktivitas ekonomi dan keuangan tetap dapat dilaksanakan.

"Alhamdulillah, upaya Kota Bogor dalam mempercepat digitalisasi ekonomi dan pengendalian inflasi daerah memperoleh apresiasi dari BI (Bank Indonesia) dan Provinsi Jawa Barat, sehingga meraih 3 penghargaan sekaligus," ungkap Syarifah.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras, bahu membahu dalam mewujudkan semua ini," lanjutnya.

Syarifah turut mengapresiasi perwakilan BI Jawa Barat Herawanto dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atas terselenggaranya Rakorwil TP2DD dan TPID se-Jawa Barat yang menurutnya dapat membangkitkan semangat untuk mengoptimalkan ekonomi keuangan digital, serta pengendalian inflasi daerah dalam mempercepat pemulihan ekonomi di Kota Bogor.

(akd/ega)