Round-Up

Terungkap Penipuan Rekrutmen Usai Satpol PP Gadungan Ditangkap

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 07:51 WIB
Satpol PP DKI Jakarta
Foto: Satpol PP DKI Jakarta bongkar penipuan modus rekrutmen pegawai (Dok.Satpol PP DKI Jakarta)
Jakarta -

Satpol PP DKI Jakarta membongkar penipuan dengan modus rekrutmen pegawai. Dua orang pelaku menjanjikan para korban bekerja sebagai anggota Satpol PP DKI Jakarta dengan syarat memberikan sejumlah uang.

Dalam aksinya kedua pelaku ini seolah-olah mempekerjakan para korban sebagai anggota Satpol PP DKI Jakarta. Kedua pelaku meyakinkan para korban dengan SK pengangkatan palsu.

Kasus ini terungkap setelah pihak Satpol PP DKI Jakarta menerima informasi adanya penipuan yang mengatasnamakan instansi Satpol PP DKI Jakarta. Dua pelaku yakni YF dan BA ditangkap pada Senin (26/7).

"Kita amankan salah satunya oknumnya ini yang memakai baju Satpol PP juga kita amankan di kawasan Bekasi ternyata setelah dikembangkan, mereka bekerjasama dengan melibatkan tantenya. Tantenya diikutsertakan menerima lamaran kerja, menerima uang supaya bisa masuk dan sebagainya," kata Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin dalam keterangannya, Selasa (27/7/2021).

Arifin mengatakan kedua pelaku yang diamankan masih memiliki hubungan keluarga. Dalam aksinya, korban diminta menyetor uang hingga puluhan juta agar bisa masuk menjadi anggota resmi Satpol PP.

SK Pengangkatan Palsu

Setelah itu, oknum tersebut menerbitkan SK pengangkatan yang dipalsukan. Arifin mengatakan beberapa korban ada yang mulai bekerja dan dibayar dengan gaji yang tak sesuai dengan kontrak.

"SK pengangkatan yang diterima ternyata ada barcode-nya. Di mana SK itu pengangkatan sebagai PJLP Satpol PP dengan tanda tangan saya selaku Kepala Satpol PP DKI, kemudian sebelah kirinya adalah oknumnya inisial YF, kemudian di situ ada barcode," jelasnya.

Arifin menjelaskan SK ini diterbitkan setelah pelaku merekrut para korban. SK tersebut disertai barcode dan dibubuhi tanda tangan Arifin sebagai Kasatpol PP DKI.

"Ternyata barcode-nya, ketika di-scan, kosong. Tidak ada data apa pun," ujarnya.

Tonton video 'Detik-detik 9 Korban Penipuan Rekrutmen Satpol PP DKI Diamankan':

[Gambas:Video 20detik]





Halaman selanjutnya, sudah ada 9 korban dan 'dipekerjakan'