CT ARSA-Dompet Amal TRANSMEDIA Salurkan APD-Ambulans untuk Tangani Corona

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 18:25 WIB
Penyerahan bantuan dari CT ARSA untuk penanganan COVID-19 (Wilda-detikcom)
Foto: Penyerahan bantuan dari CT ARSA untuk penanganan COVID-19 (Wilda-detikcom)
Jakarta -

CT ARSA Foundation bersama Dompet Amal TRANSMEDIA menyalurkan donasi berupa alat pelindung diri (APD) hingga ambulans untuk penanganan pasien COVID-19. Bantuan diberikan untuk kebutuhan tenaga kesehatan yang berjibaku melawan pandemi virus Corona (COVID-19).

Bantuan diserahkan oleh Direktur Utama Transnews Corporate, Titin Rosmasari, kepada Rumah Sakit Sumber Waras dan RSUD Pesanggrahan. Selain itu, penyerahan simbolis berupa peminjaman ambulans juga diserahkan kepada lembaga kemanusiaan Salam Aid Nusantara yang diwakilkan oleh Direktur Salam Aid, Lutfi Kurnia, di Gedung Transmedia, Jakarta Selatan.

"CT ARSA, dengan dibantu banyak pihak ya, tentu juga dengan support dan dukungan dari ibu Anita Chairul Tanjung, Pak Chairul Tanjung dan semua pimpinan Grup CT Corp dan TRANSMEDIA, komitmen bapak ibu di bidang kemanusiaan ini selaras dan sejalan dengan misi dari CT ARSA, Mas Gatut dan teman-teman CT ARSA semuanya saya terima kasih sekali karena teman-teman terus bergerak mencari cara menyalurkan dan mencari mitra karena tim juga melakukan sama fungsinya bapak ibu dan hari ini salah satu bentuk komitmen dari CT ARSA bermitra dengan Salam Aid yang kami pilih karena kepeduliannya yang luar biasa," kata Titin di Gedung TRANSMEDIA, Jalan Kapten Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (27/7/2020).

Titin mengatakan situasi pandemi Corona membuat banyak orang kesulitan mencari ambulans untuk mengantar ke rumah sakit ataupun tempat isolasi. Titin menyebut banyak pasien Corona yang tidak terselamatkan karena terlambat diantar ke rumah sakit.

"Kita cuma berdoa supaya pandemi ini segera berakhir, semoga yang sedang sakit disembuhkan, yang sedang kesulitan dimudahkan. Kenapa saya bilang dimudahkan, mencari mobil ambulans untuk mengantar yang sakit ke rumah sakit, tempat isolasi itu sangat sulit, bahkan ada yang harus di rumah saja karena tidak ada yang bisa antar karena dia merantau dan sebagainya dan bahkan kita dengar ribuan orang meninggal di saat isolasi mandiri," kata Titin.

Titin menyebut fenomena tersebut sangat memprihatinkan. Titin berharap peminjaman ambulans CT ARSA yang dilengkapi dengan fasilitas tabung oksigen ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Ini sangat memprihatinkan tentu dengan kemuliaan bapak ibu semoga banyak orang yang akan terbantu ini wilayah Jabodetabek sangat luas. Mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, karena ini sifatnya peminjaman, tapi kalau kita lihat sangat lengkap ya Pak tandunya, alat kesehatannya, bahkan dikasih hazmat dan masker juga nanti ada biaya operasional juga diberikan," tuturnya.

Penyerahan bantuan dari CT ARSA untuk penanganan COVID-19 (Wilda-detikcom)Penyerahan bantuan dari CT ARSA untuk penanganan COVID-19 (Wilda-detikcom)

Direktur Salam Aid, Lutfi Kurnia, mengucapkan terima kasih atas bantuan CT ARSA bersama TRANSMEDIA untuk membantu tugas kemanusiaan Salam Aid dalam menangani pasien virus Corona. Lutfi berharap ambulans CT ARSA ini dapat menambah kekuatan pasukannya untuk menangani pasien COVID-19.

"Bantuan dari CT ARSA ini yang berupa alat pelindung diri kemudian ada ambulans dengan kelengkapan yang sangat lengkap untuk pasien COVID ini tentu sangat menambah kekuatan kami sehingga tim relawan kami yang khususnya berjuang di tengah pandemi ini, itu bisa lebih safety melakukan penanganan-penanganan pasien karena hampir dipastikan kami kontak erat dengan pasien COVID meskipun ada jaga jarak," ujarnya.

Lufti bersyukur karena ambulans CT ARSA ini memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari tabung oksigen, pengukur suhu tubuh hingga tempat untuk penutup. Salam Aid, kata Lutfi, sangat terbantu dengan ambulans CT ARSA ini.

"Bantuan APD dan pinjam pakai ambulans ini tentu sangat bermanfaat begitu. Rata-rata ambulans yang sekarang tidak dilengkapi dengan beberapa fasilitas kesehatan yang ada di dalamnya, nah tadi saya sempat ngecek sebentar di sini ada tabung oksigen, ada pengukur suhu kemudian ada tempat untuk penutup dan itu snagat membantu untuk safety relawan maupun si pasiennya sendiri," ungkapnya.

Sebelumnya, CT ARSA Foundation dan Dompet Amal TRANSMEDIA menyalurkan donasi tahap ke-10 untuk membantu penanganan virus Corona (COVID-19). Penyaluran donasi dari tahap pertama hingga tahap kesepuluh telah diterima lebih dari 400 fasilitas kesehatan yang tersebar di wilayah Indonesia.

Donasi yang sudah didistribusikan hingga 21 Juli 2021 adalah:

- Lebih dari 43.000 APD
(Coverall)
- 14.000 lebih googles,
- 26.500 lebih masker medis
- 5.000 lebih masker nonmedis
- Ratusan boks handscoon
- 5.000 lebih botol susu sereal
- 5.700 pcs lebih roti


- 4.000 lebih kopi
- 2.400 pcs lebih face shield
- 13.500 lebih botol air mineral,
- 41.500 lebih vitamin
- 2.000 safety boots dan sepatu pantofel perawat
- 100 lebih boks makanan ringan
- 500 lebih produk antiseptik dan 200 lebih produk tissue basah.

(whn/haf)