Setpres Terima Bantuan 5.000 Konsentrator Oksigen dari Yayasan Buddha Tzu Chi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 18:05 WIB
Kasetpres Heru Budi Hartono (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Kasetpres Heru Budi Hartono (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Sekretariat Presiden (Setpres) menerima bantuan 5.000 konsentrator oksigen dari Yayasan Buddha Tzu Chi. Bantuan ini selanjutnya akan disalurkan ke sejumlah daerah.

"Kepada Yayasan Buddha Tzu Chi dan seluruh pengusaha yang tergabung di dalam Peduli NKRI, saya ucapkan terima kasih. Begitu juga dengan Kadin, yang kita sudah bahu-membahu mendapatkan oxygen concentrator," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (27/7/2021).

Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Dinkes DKI, RSCM, hingga RS Polri Kramat Jati. Heru berharap oxygen concentrator tersebut bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu sekalian, tadi sudah menerima. Tanpa beliau-beliau, kami juga tidak bisa menyalurkan apa yang kami dapat," ujar Heru.

Heru menjelaskan, dari 5.000 bantuan oxygen concentrator itu, total baru 500 yang telah datang. Sisanya akan dibagikan ke seluruh daerah secara bertahap.

"Dari 5.000, baru kemarin malam datang sejumlah 500. Total 500 ini kami sebar ke..., sebenarnya tidak hanya yang hadir di sini, ada Jawa Timur dapat, Polda-Kodam DIY, Jawa Tengah. Terus yang tadi pagi meminta Pekalongan. Kami berikan dan tentunya yang hadir di sini. Besok juga ada dari Tangerang, dari Tangsel, dari Kota Tangerang, dari Depok kami berikan," ujar Heru.

Perwakilan Yayasan Buddha Tzu Chi, Hong Tjin, mengatakan oxygen concentrator ini sangat dibutuhkan di masa pandemi COVID-19. Dia berharap bantuan segera disalurkan dengan cepat.

"Perkenakan kami mewakili Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menyampaikan sumbangan 5.000 konsentrator yang diiniasi oleh Yayasan Buddha Tzu Chi pusat di Taiwan untuk membantu saudara-saudara kita yang ada di Indonesia karena kita sangat mengerti kedaruratan kebutuhan oksigen ini sangat mendesak," ujar Hong Tjin.

"Bantuan 5.000 konsentrator ini juga dimungkinkan oleh dukungan dari teman-teman pengusaha Peduli NKRI dan juga Kadin. Karena itu, kami harap bantuan ini bisa segera diterima dengan baik dan disalurkan secepat mungkin sehingga memberi manfaat bagi kita semua," sambung dia.

(knv/imk)