Instruksi Megawati ke Kader PDIP di Tengah Gempuran Pandemi

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 17:53 WIB
Acara peluncuran kendaraan untuk Baguna PDIP
Acara peluncuran kendaraan untuk Baguna PDIP (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri memerintahkan kadernya untuk terus bergotong royong dan turun membantu rakyat di tengah pandemi COVID-19. Mulai dari mendirikan dapur umum hingga menggelar vaksinasi massal.

Hal itu disampaikan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam acara peluncuran ambulans bagi Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP yang dilakukan secara virtual.

"Saat ini, kita menghadapi pandemi COVID-19. Dan di tengah pandemi tersebut, kami terus menjalani instruksi dari Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan, terus bergerak di depan menghadirkan wajah kemanusiaan, wajah kerakyatan, melalui seluruh kegiatan partai," kata Hasto, Selasa (27/7/2021).

Hasto menyatakan seluruh kader partai, baik di struktur kepengurusan maupun jabatan eksekutif dan legislatif, harus turun membantu rakyat. Namun, secara khusus, Baguna akan memberikan bantuan kepada pihak-pihak yang terdampak.

"Sejak awal kami menerima instruksi secara detail dari Ibu Ketua Umum bagaimana partai terus bergerak, bergotong royong dengan seluruh napas kerakyatan kita, membangun dapur-dapur umum, kemudian membagikan jamu, obat bagi rakyat agar imunitas tubuh semakin menguat. Kami juga mendorong agar dilakukannya vaksin secara gratis bagi rakyat," ujarnya.

Hasto juga menyampaikan Megawati telah menyusun secara detail terkait pelaksanaan dapur umum dan vaksinasi. Bahkan, kata Hasto, Megawati menitipkan secara khusus kepada Mensos Tri Rismaharini agar Baguna bergerak serentak.

Dapur umum itu, lanjut Hasto, tidak hanya didirikan di Jabodetabek, tetapi juga di seluruh Indonesia. "Karena partai ini selalu hadir terlebih ketika rakyat menghadapi bersama-sama kita semuanya terkait dengan pandemi COVID-19," katanya.

Adapun kendaraan untuk Baguna yang diluncurkan itu adalah 1 unit mobil jenazah jenis Hiace, 7 unit ambulans Gran Max, 2 unit mobil jenazah Gran Max, dan 1 unit ambulans sepeda motor roda tiga. Selain itu, ada dua unit sepeda motor roda tiga pengangkut sampah, 1 unit sepeda motor roda tiga tangki air, 1 unit sepeda motor roda tiga boks, dan 5 unit sepeda motor listrik.

"Mobil ambulans dan mobil jenazah menjadi bagian gerak kemanusiaan kita. Kita tambah kekuatannya sehingga gerak PDI Perjuangan semakin bermakna dan menyentuh rakyat. Ini sangat penting apalagi di tengah pandemi COVID ini. Kami berkomitmen terus berada di jalan kemanusiaan lewat kendaraan serbaguna ini," ujar Hasto.

Simak video 'Melihat Dunia yang Berbeda di Tengah Amukan Corona Varian Delta':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/gbr)