Cerita Dokter soal Keluarga Akidi Tio Sempat Ogah Sumbangan Rp 2 T Di-publish

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 15:55 WIB
Keluarga almarhum pengusaha Akidi Tio menyumbangkan dana Rp 2 triliun untuk membantu penanganan COVID-19 di Sumatera Selatan.
Penyerahan sumbangan dari keluarga Akidi Tio (Foto: Istimewa)
Palembang -

Keluarga pengusaha tajir Akidi Tio menyumbangkan dana Rp 2 triliun untuk penanganan COVID-19 di Sumatera Selatan (Sumsel). Dana itu merupakan sumbangan dari enam anak Akidi Tio.

"Keluarga ini sebagian hidupnya ada di Palembang. Jadi Rp 2 triliun itu patungan adik beradik," ujar dokter keluarga Akidi Tio, Hardi Dermawan, kepada wartawan, Selasa (27/7/2021).

Sebagai dokter keluarga, Hardi mengaku mengenal dekat mendiang Akidi Tio sejak 1973. Dia mengatakan Akidi Tio merupakan sosok yang suka berbagi sejak dulu.

"Saya kenal sudah sejak '73 (tahun 1973). Anaknya ada tujuh orang dan yang sulung sudah meninggal, makanya enam orang yang patungan itu anak-anak dia semua," katanya.

Hardi menyebut keluarga Akidi Tio awalnya tak mau sumbangan Rp 2 triliun untuk penanganan Corona di Sumsel itu dipublikasi. Namun, Hardi mengaku menyarankan keluarga mengundang tokoh masyarakat dan agama saat memberi sumbangan itu.

Sumbangan Rp 2 triliun itu akhirnya dipublikasi agar proses penyalurannya transparan. Dia mengatakan sumbangan tersebut merupakan amanah dari Akidi Tio sebelum meninggal.

"Awalnya tidak mau di-publish ya, saya bilang ini uang banyak makanya panggillah tokoh agama, tokoh adat biar transparan. Saya bilang ini harus jelas, itu kan amanah dari bapaknya (Akidi)," katanya.

Hardi mengatakan keluarga Akidi Tio sebenarnya sudah sering membantu masyarakat di lingkungan tempat tinggal mereka. Dia mengatakan tak ada satu pun bantuan yang dipublikasi.

"Semua orang kaget. Sebetulnya kan yang bantu banyak, ratusan miliar, tidak di-publish. Jadi keluarga ini saya melihat orangnya low profile," katanya.

Sebelumnya, bantuan Rp 2 triliun itu diberikan perwakilan keluarga kepada Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri pada Senin (26/7). Gubernur Sumsel Herman Deru, Danrem Garuda Dempo Brigjen TNI Agus Jauhari, dan tokoh masyarakat juga hadir menyaksikan penyerahan bantuan itu.

Simak juga 'Orang-orang Baik di Tengah Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/haf)