3,2 Juta Orang di Bali Sudah Divaksin Tahap 1, Lampaui Target Pemerintah

Sui Suadnyanya - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 14:10 WIB
Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati. (Sui/detikcom)
Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Sui/detikcom)
Denpasar -

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengungkap sebanyak 3.230.924 penduduk Bali sudah menerima vaksinasi tahap 1. Pemprov Bali kini mengejar realisasi vaksin kedua untuk mencapai kekebalan (herd immunity).

"Itu (3,2 orang divaksin) jauh melampaui target WHO dan kita juga tertinggi di tingkat nasional," ujar Cok Ace dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/7/2021).

Selain melampaui tertinggi nasional dan melampaui target WHO, Bali melampaui target yang ditetapkan pemerintah, yakni 2.926.060 orang.

Sementara itu, warga Bali yang sudah mendapat vaksinasi tahap kedua sudah 763.880 atau 26,50 persen. "Saat ini kita terus kejar realisasi vaksinasi tahap dua," katanya

Selain mengejar target vaksinasi, Cok Ace mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali mempersiapkan penerapan tatanan kehidupan era baru di sektor pariwisata yang dilakukan melalui program sertifikasi cleanliness health safety and environment (CHSE). Hingga saat ini 1.871 usaha pariwisata di Bali telah mengantongi sertifikat tersebut.

"Tahun ini ada jatah lagi untuk Bali sebanyak 1.200 sertifikat. 200 untuk hotel dan 1.000 untuk usaha non hotel. Saya berharap, pelaku usaha di bidang pariwisata memanfaatkan kesempatan ini," harap Cok Ace yang juga sebagai Ketua Badan Pengurus Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali itu.

Langkah lain, pihaknya juga telah menyusun standar operasional prosedur (SOP) penerimaan wisatawan mancanegara mulai dari bandara, hotel, objek wisata yang dikunjungi hingga balik ke negara asal mereka. Screening ketat juga diberlakukan pada pintu masuk Bali seperti bandara dan pelabuhan. Cok Ace pun berharap pariwisata Bali segera pulih.

(nvl/nvl)