Pasar Tanah Abang Sepi, Sejumlah Pedagang Jual hingga Sewakan Toko

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 11:04 WIB
Pasar Tanah Abang sepi, Selasa (27/8/2021), sejumlah toko tampak dijual dan disewakan.
Pasar Tanah Abang sepi, Selasa (27/8/2021), (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus), kembali dibuka setelah PPKM Level 4 diperpanjang dengan pelonggaran bagi usaha kecil dan pasar rakyat. Namun sejumlah pedagang memilih untuk menjual hingga menyewakan tokonya.

Pantauan detikcom, Selasa (27/7/2021) pagi, banyak toko di Blok A dan Blok B Pasar Tanah Abang yang tutup. Toko yang tutup itu bahkan diberi pemberitahuan bahwa toko itu dijual atau disewakan.

Pemberitahuan itu dituliskan di sebuah secarik kertas. Suasana di Pasar Blok A dan Blok B Tanah Abang tampak sepi.

"Dijual. Hub: 08215926xxxx," demikian isi dari pemberitahuan yang ditempel di toko yang sedang tutup.

Masih banyak pedagang lain yang melakukan hal serupa pada tokonya. Pengelola Pasar Blok A Tanah Abang, Heri Supriyatna, membenarkan soal banyak toko yang tutup.

"Kalau kios yang kosong di Blok A memang masih ada. Saat ini masih banyak yang tutup juga," ujar Heri saat dihubungi.

Sementara itu, penjual baju koko di Blok A Pasar Tanah Abang, Tia, menurutnya banyak toko yang dijual karena pengunjung yang datang tidak banyak. Tia menduga sepi pembeli menjadi salah satu faktor toko-toko itu tutup.

"Sepi pembeli juga. Sebagian orang rata-rata karyawan dari luar daerah. Karena sepi ngaruh banget, ngaruh banget malahan," kata Tia.

Tia mengungkapkan Pasar Tanah Abang masih sepi karena ada persyaratan baru, yakni sertifikat vaksin COVID-19 bagi pedagang ataupun pengunjung. Jika belum divaksinasi, kata Tia, pasti tidak boleh masuk.

"Sepi. Kan juga harus pakai surat vaksin buat masuk, kalau nggak ya putar balik. Kan harus. Sepinya gitu, kadang laris," tuturnya.

Lihat Video: Daftar Pelonggaran Pasar-PKL Selama Perpanjangan PPKM Level 4

[Gambas:Video 20detik]