PPKM sampai Tanggal Berapa di Jawa Timur Tahun 2021? Simak di Sini

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 10:56 WIB
ppkm sampai tanggal berapa di jawa timur tahun 2021? Catat!
Kondisi penyekatan di Jatim. (Agung Mardika/detikcom)
Jakarta -

PPKM sampai tanggal berapa di Jawa Timur tahun 2021 mulai dipertanyakan masyarakat. Menurut instruksi pemerintah pusat, sejak 26 Juli lalu aturan PPKM level 3-4 di Jawa-Bali dan non-Jawa-Bali diperpanjang di tengah angka kasus harian yang masih tinggi.

Untuk wilayah Jawa Timur, ada 31 daerah yang termasuk dalam aturan PPKM level 4. Sementara 7 daerah lainnya mengikuti aturan PPKM level 3.

PPKM sampai Tanggal Berapa di Jawa Timur Tahun 2021?

Mengikuti aturan yang disampaikan Presiden Joko Widodo, pelaksanaan perpanjangan PPKM di Jawa Timur juga akan mengikuti aturan pusat. Dengan kata lain, PPKM Jawa Timur berlaku hingga 2 Agustus 2021, sama seperti daerah lainnya di seluruh Indonesia.

"Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021. Namun kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstrahati-hati," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi virtual yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/7/2021).

Melalui perpanjangan PPKM level 3-4 tersebut, ada sejumlah pelonggaran yang mulai dilakukan, seperti memperbolehkan tempat makan melayani makan di tempat maksimal 20 menit, PKL atau toko kelontong bisa buka hingga pukul 21.00 WIB, dan lain sebagainya.

"Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00, dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit," ujar Jokowi.

Polda Jawa Timur diketahui belum melakukan pelonggaran penyekatan dan penutupan jalan saat perpanjangan PPKM level 3-4 diumumkan. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan, pelonggaran penyekatan dan penutupan ruas jalan raya dan tol masih menunggu petunjuk dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Untuk jam malam, Gatot menyebut akan disesuaikan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

"Terkait penyekatan kami menunggu arahan dari Kakorlantas. Belum ada perubahan Inmedagri, kami tetap melaksanakan petunjuk Presiden melalui Inmendagri jam 8 malam," kata Gatot di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (26/7).

Daftar Daerah yang Terapkan PPKM Level 3-4 Jawa Timur

PPKM sampai tanggal berapa di Jawa Timur tahun 2021 kini sudah terjawab. Lalu bagaimana dengan rincian daerah yang masuk kategori level 3 dan 4?

PPKM Level 3 Jawa Timur

1. Kabupaten Sampang
2. Kabupaten Pasuruan
3. Kabupaten Pamekasan
4. Kabupaten Pacitan
5. Kabupaten Kediri
6. Kabupaten Sumenep
7. Kabupaten Probolinggo

PPKM Level 4 Jawa Timur

1. Kabupaten Tulungagung
2. Kabupaten Sidoarjo
3. Kabupaten Madiun
4. Kabupaten Lamongan
5. Kabupaten Gresik
6. Kota Surabaya
7. Kota Mojokerto
8. Kota Malang
9. Kota Madiun
10. Kota Kediri
11. Kota Blitar
12. Kota Batu
13. Kabupaten Tuban
14. Kabupaten Trenggalek
15. Kabupaten Ponorogo
16. Kabupaten Ngawi
17. Kabupaten Nganjuk
18. Kabupaten Mojokerto
19. Kabupaten Malang
20. Kabupaten Magetan
21. Kabupaten Lumajang
22. Kabupaten Jombang
23. Kabupaten Jember
24. Kabupaten Bondowoso
25. Kabupaten Bojonegoro
26. Kabupaten Blitar
27. Kabupaten Banyuwangi
28. Kabupaten Bangkalan
29. Kota Probolinggo
30. Kota Pasuruan
31. Kabupaten Situbondo.

(izt/izt)