Asal-muasal Foto Anies Makan di Warteg yang Kini Jadi Meme

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 10:57 WIB
Anies Baswedan makan di warteg saat blusukan
Anies makan di warteg (Dok. detikcom)
Jakarta -

Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan makan di warteg kini viral dijadikan meme (mim) setelah penerbitan aturan boleh makan di warung makan selama 20 menit selama penerapan PPKM level 4. Begini cerita di balik foto Anies makan di warteg yang dijadikan meme.

Foto Anies makan di warteg itu merupakan potret salah satu kegiatannya saat kampanye Pilgub DKI 2017. Anies saat itu blusukan di Kampung Muka, Jakarta Utara. detikcom memotret langsung foto Anies tengah makan di warteg dan kini menjadi viral.

Di tengah kegiatannya menemui para calon pemilih di Pilgub DKI 2017, Anies mampir di warung tegal (warteg) milik warga sekitar. Anies berbincang-bincang dengan pegawai warteg tersebut.

"Makan ya. Ini masak sendiri?" ujar Anies kepada karyawan warteg di Kampung Muka, Jakarta Utara (18/11/2016).

Anies memesan nasi dengan lauk rendang, orek tempe basah, orek tempe kering, kerupuk dan siraman kuah sayur. Tak lupa minum, Anies memesan teh manis hangat. Anies sesekali mengobrol dengan pemilik warteg, Eriya.

"Buka sampai jam berapa, Bu?" ujar Anies yang dijawab Eriya 'buka 24 jam'. Anies bertanya lagi soal jam ramai di warteg milik Eriya.

"Habis mau magrib, Pak," kata Eriya.

Anies lahap menyantap makanannya. Selesai Anies makan, Eriya menyampaikan harapan agar tak digusur. Anies kemudian beranjak pergi. Sesaat sebelum pergi, Anies menyampaikan salam perpisahannya. "Makasih ya, Bu, makasih," kata Anies.

Jadi Meme

Foto Anies Baswedan makan di warteg tersebut kini menjadi meme. Seperti meme pada umumnya, foto itu juga diedit dengan keterangan waktu tersisa 9 menit 8 detik.

"Pak Anies, waktu bapak untuk menghabiskan makanan sisa 9 menit 8 detik!" tulis netizen yang mengunggah meme itu di Twitter.

Hingga Selasa (27/7/2021), cuitan tersebut sudah di-retweet lebih dari 3.000 kali dan mendapat lebih dari 12 ribu likes. Anies Baswedan pun ikut berkomentar.

"Bisa! Insya Allah..." jawab Anies lewat akun Twitter resminya, @aniesbaswedan.

Lihat Video: Aturan Makan 20 Menit hingga Olahraga Saat PPKM Level 4

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/imk)