Tak Bawa STRP, 175 Kendaraan Diputar Balik di Lenteng Agung Pagi Ini

Nur Aziza - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 10:57 WIB
Jakarta -

Ratusan lebih kendaraan diputar balikkan ke arah Depok oleh petugas di titik penyekatan Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pagi ini. Kendaraan yang diputarbalikkan kebanyakan roda dua.

Perwira Pengendali Lenteng Agung, Iptu Deni Setiawan, mengatakan ada total 175 kendaraan yang diputar balikkan hari ini mulai dari pukul 05.00 hingga 09.00 WIB. Pengendara diputar balikkan karena tidak memenuhi syarat melintasi titik penyekatan, yakni surat tanda registrasi pekerja (STRP) atau surat tugas.

"Untuk yang tidak bawa surat keterangan kerja kita putar balikkan, untuk pagi ini kurang lebih sementara yang diputar balikkan sekitar kendaraan roda empat sekitar kurang-lebih 75, untuk roda duanya kurang-lebih sekitar seratusan," ujar Deni kepada wartawan, Selasa (27/7/2021).

Jumlah pengendara yang diputarbalikkan pagi hari ini di Lenteng Agung lebih banyak dibanding kemarin. Deni mengungkapkan hal itu terjadi lantaran aktivitas masyarakat yang meningkat.

"Untuk volume kendaraan di Lenteng Agung sudah menurun, tetapi karena sudah mulai diberlakukan oleh pemerintah bisa masuk kerja baik para pedagang atau lainnya sudah mulai masuk, jadi mungkin agak padat sedikit, tapi kita bisa mengantisipasi tetap kita laksanakan pemeriksaan," ujarnya.

"Karena pemerintah sudah memberikan izin untuk melaksanakan aktivitas jadi mereka lebih banyak aktivitasnya. Jadi mungkin lebih banyak, tapi kita tekan tetap kita periksa surat-surat keterangan pekerja kalau tidak ada tetap kita putar balikkan," imbuh Deni.

Selain alasan hendak bekerja, Deni mengatakan, banyak warga sekitar yang melintas di pos penyekatan Lenteng Agung. Namun dia memastikan tetap mengecek identitas warga dan mengimbau agar ke depannya membawa surat keterangan.

"Kadang ada yang bawa, kadang enggak, kita periksa KTP tetap," tutur Deni.

Pantauan detikcom pukul 10.30 WIB, kepadatan masih terjadi di titik penyekatan Lenteng Agung arah Pasar Minggu. Petugas memeriksa STRP satu per satu pengendara yang ingin melintas.

Deni mengatakan petugas gabungan hari ini lebih banyak dibanding kemarin karena ada tambahan dari Brimob.

"Kalau kemarin Brimob ditarik, dikurangi (kemarin) kalau sekarang diperbanyak lagi. Hari ini ada 82 petugas, termasuk dari Kepolisian, Samapta, Lalu Lintas, Brimob, Satpol PP, TNI, Dishub," kata Deni.

(mae/mae)