Jejak Faldo Maldini: Ketua BEM UI, dari PAN ke PSI, Kini Stafsus Menteri

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 10:15 WIB
Faldo Maldini
Faldo Maldini (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Politikus muda Faldo Maldini kini menjabat staf khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Penugasan itu tertulis sejak 14 Juli 2021.

"Penugasan kami per 14 Juli 2021 sebagai staf khusus Mensesneg bidang komunikasi dan media. Kalau teman-teman media ingin diskusi, silakan jangan ragu-ragu kontak kami. Saya sudah beli 3 power bank baru. Mudah-mudahan cukup," kata Faldo Maldini kepada detikcom, Senin (26/7/2021)

Faldo Maldini menceritakan penunjukannya menjadi staf khusus Mensesneg Pratikno. Faldo menyinggung situasi negara yang saat ini amat berat karena pandemi COVID-19.

"Ini panggilan Merah Putih. Kami siap sparing dan datang kalau diminta oleh negara. Situasi hari ini sangat berat, namun kita semua harus percaya bisa menang di menit-menit yang tersisa, tidak hanya bertahan. Pesan ini yang perlu disampaikan, apa yang sudah dikerjakan untuk menang di menit tersisa perlu disampaikan kepada masyarakat," ujar Faldo.

Jika ditarik ke belakang, Faldo Maldini diketahui pernah menjadi Ketua BEM UI. Faldo pun pernah menjadi kader PAN sampai akhirnya pindah ke PSI. Di tengah perjalanannya, Faldo juga pernah memunculkan kontroversi.

Berikut ini rangkuman jejak Faldo Maldini:

1. BEM UI

Dia pernah menjadi Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI). Ia juga didaulat sebagai Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia United Kingdom (PPI UK).

Faldo memimpin 32 cabang PPI UK yang tersebar di berbagai wilayah Inggris dengan jumlah mahasiswa Indonesia sekitar 1.600 orang.

Faldo juga sering melakukan riset yang dipublikasikan di dalam dan luar negeri mewakili UI dan Indonesia. Bahkan risetnya beberapa kali mendapat gelar juara pada tingkat nasional mewakili Universitas Indonesia pada 2010.

Dia juga meraih juara 3 pada kompetisi Mahasiswa Berprestasi pada 2011.

2. Gagas Pulangkampuang.com

Faldo Maldini menggagas Pulangkampuang.com, sebuah portal yang bertujuan menyatukan orang Minang yang ada di rantau dan di kampung (Sumatera Barat). Portal ini sebagai wadah gerakan untuk berkontribusi bagi urang awak yang berjuang di daerah rantau maupun di Ranah Minang.

Di Pulangkampuang.com, ia menggalakkan program penggunaan mesin pengelolaan limbah yang membeli sampah dari masyarakat untuk didaur ulang.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.