Anies Komentar Meme Makan di Warteg, Waktu Sisa 9 Menit 8 Detik

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 09:05 WIB
Kepgub Nomor 796 Tahun 2021 Soal PPKM Mikro, Ini Isinya
Anies Baswedan (YouTube/Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta -

Aturan makan 20 menit di warteg atau PKL mendapat banyak sorotan publik hingga muncul aneka meme di media sosial. Salah satu meme memakai foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat makan di warteg.

Foto yang dijadikan meme sebenarnya adalah momen lawas Anies Baswedan makan di warteg. Foto itu diedit dengan keterangan waktu tersisa 9 menit 8 detik.

"Pak Anies, waktu bapak untuk menghabiskan makanan sisa 9 menit 8 detik!" tulis netizen yang mengunggah meme itu di Twitter.

Hingga Selasa (27/7/2021), cuitan tersebut sudah di-retweet lebih dari 3.000 kali dan mendapat lebih dari 12 ribu likes. Anies Baswedan pun ikut berkomentar.

"Bisa! Insya Allah..." jawab Anies lewat akun Twitter resminya, @aniesbaswedan.



Seperti diketahui, ada aturan di perpanjangan PPKM level 4 yang memperbolehkan pedagang kaki lima (PKL) dan warung Tegal (warteg) melayani pembeli yang makan di tempat (dine in). Hanya, pelanggan hanya bisa makan dengan waktu maksimal 20 menit.

Awalnya ketentuan terkait waktu makan maksimal 20 menit ini diatur dalam Inmendagri Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 dan Level 3 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, khususnya pada diktum ketiga huruf F mengatur pelaksanaan kegiatan makan/minum di tempat umum, yakni:

Warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 20.00 waktu setempat dengan maksimal pengunjung makan 25% (dua puluh lima persen) dari kapasitas dan waktu makan maksimal 20 (dua puluh) menit. Pengaturan teknis berikutnya diatur oleh Pemerintah Daerah.

Simak Video: Aturan Makan di Tempat hingga Olahraga Saat PPKM Level 4

[Gambas:Video 20detik]



(imk/tor)