7 Kapolres di Aceh Diganti, AKBP Zulhir Destrian jadi Wadir Polairud

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 20:19 WIB
Suasana gedung Mabes Polri pascapenyerangan terduga teroris di Jakarta, Rabu (31/3/2021). Mabes Polri memperketat penjagaan pascaserangan dari terduga teroris yang tewas di tempat usai baku tembak. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Gedung Mabes Polri (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta -

Tujuh kapolres di Aceh berganti. Pejabat yang dimutasi itu dipromosikan menjadi Wadansat Brimob hingga Wadir Polairud.

Mutasi kapolres di Aceh itu tertuang dalam surat telegram (ST) Kapolri, Senin (26/7/2021). Dalam ST bernomor 1508/VII/KEP./2021 itu, dua di antara kapolres yang dimutasi tersebut adalah kapolres di perbatasan Aceh-Sumatera Utara (Sumut), yaitu Kapolres Aceh Tamiang dan Aceh Singkil.

Berikut ini daftar lengkapnya:

Polres Aceh Tamiang
- AKBP Ari Lasta Irawan dipromosi sebagai Kabagada Rolog Polda Aceh. AKBP Imam Asfali yang menjabat Kasubdit II Reskrimum Polda Aceh akan menduduki posisi sebagai Kapolres Aceh Tamiang.

Polres Pidie
AKBP Zulhir Destrian mendapat promosi sebagai Wadir Polairud Polda Aceh. Posisi yang ditinggalnya akan diisi AKBP Padli yang sebelumnya menjabat Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Aceh.

Polres Bireuen
AKBP Taufik Hidayat akan menduduki posisi baru sebagai Kabag Wassidik Ditresnarkoba Polda Aceh. Posisi yang ditinggalkannya akan diisi AKBP Mike Hardy Wirapraja sebelumnya menjabat Kapolres Aceh Singkil.

Polres Aceh Singkil
Jabatan Kapolres Aceh Singkil akan diganti oleh AKBP Iin Maryudi Helman yang sebelumnya menjabat Kasubditkamsel Ditlantas Polda Aceh.

Polres Bener Meriah
AKBP Siswono Adi Wijaya diangkat dalam jabatan baru sebagai Irbid Itwasda Polda Aceh. Sementara jabatan Kapolres Bener Meriah bakal diisi AKBP Agung Surya Prabowo yang selama ini menjabat Kapolres Simeulue.

Polres Simeulue
Jabatan yang ditinggalkan Agung bakal diisi AKBP Pandji Santoso yang selama bertugas sebagai Kasubdit V Ditreskrimsus Polda Aceh.

Polres Aceh Utara
AKBP Tri Hadiyanto akan menduduki posisi baru sebagai Wadansat Brimob Polda Sumbar. Penggantinya adalah AKBP Riza Faisal yang sebelumnya menjabat Kapolres Palu.

Selain kapolres, jabatan Kapolda Aceh bakal berganti. Irjen Pol Wahyu Widada dipromosikan sebagai Asisten Sumber Daya Manusia (As SDM) Kapolri menggantikan Irjen Pol Drs.Sutrisno Yudi Hermawan, yang akan memasuki masa pensiun.

"Irjen Pol Ahmad Haydar yang sebelumnya menjabat Widyaiswara Kepolisian Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri ditunjuk sebagai Kapolda Aceh. Mutasi itu tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor: ST/ 1506/VII/KEP./2021," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy kepada wartawan.

Winardy menjelaskan Irjen Ahmad merupakan lulusan Akabri tahun 1988. Sejumlah karir di kepolisian telah diembannya, antara lain Analis Kebijakan Madya Bareskrim Polri, Dirreskrimsus Polda Sumut, Wadir Tipidter Bareskrim Polri, Wakapolda Jambi, dan Kapuslabfor Bareskrim Polri.

"Terakhir sebelum menjabat Kapolda Aceh dengan jabatan Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Lemdiklat Polri," ujar Winardy.

(agse/dwia)