Polisi Bubarkan Demo di Kantor Walkot Tangsel, Puluhan Orang Diamankan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 16:00 WIB
Polisi mengamankan sekelompo massa yang demo di depan kantor Wali Kota Tangsel, Senin (26/7/2021).
Foto: Polisi mengamankan sekelompok massa yang demo di depan kantor Wali Kota Tangsel (Rakha/detikcom)
Tangerang Selatan -

Sekelompok massa menggelar demo di depan kantor Wali Kota Tangerang Selatan, Jl Maruga, Ciputat. Demo tersebut langsung dibubarkan dan sejumlah peserta diamankan polisi.

Demo tersebut diketahui berlangsung pada pukul 13.00 WIB siang tadi. Dari video yang beredar, terlihat massa berkumpul di depan Kantor Walikota Tangsel.

Massa tersebut membawa alat peraga berupa bendera. Namun, belum sempat massa menyampaikan orasi, polisi langsung membubarkan demo tersebut.

Video tersebut juga memperlihatkan sejumlah aparat dari polisi dan Satpol PP mengamankan sejumlah orang peserta aksi. Para peserta aksi kemudian dibawa ke Polres Tangerang Selatan.

Peserta Aksi Diswab Antigen

Pantauan detikcom di Polres Tangerang Selatan pukul 14.50 WIB, para peserta aksi yang diamankan tadi dikumpulkan. Mereka selanjutnya di-swab antigen.

Salah satunya reaktif Covid-19 dan diminta memisahkan diri. Selanjutnya, peserta aksi itu diminta menggunakan pakaian alat pelindung diri (APD) dan disemprot cairan disinfektan oleh petugas.

Kapolres Tangsel AKBP Iman Imanuddin mengatakan polisi telah menawarkan untuk memfasilitasi perwakilannya menyampaikan aspirasi ke Wali Kota.

"Ada 30 orang yang memaksa berkerumun membuat aksi, kami sudah tawarkan solusi dengan memfasilitasi untuk perwakilannya menyampaikan aspirasi dengan Walikota. Namun mereka memaksakan kehendak melakukan aksi sehingga kami mengambil langkah preventif agar tidak terjadi penyebaran Covid," kata Iman dalam pesan singkatnya, Senin (26/7/2021).

Iman mengatakan, pihaknya juga melakukan tes swab antigen Covid-19 kepada seluruh masa aksi. Diketahui, di antara masa aksi tersebut ada yang terdeteksi reaktif Covid-19 saat dites swab antigen.

"Kami lakukan swab antigen dan terdapat hasil yang reaktif di antara mereka tersebut," ujar Iman.

Simak juga 'Massa Gelar Demo Menolak PPKM di Yogyakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)